Amankah HGH untuk meningkatkan massa otot?

K Info Penanya: K, Pria, 21 Tahun
Dok mau nanya nih konsumsi / memakai HGH utk meningkatkan masa otot itu aman gk sih? Dan ada efek samping nya gk? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KK,

HGH (Human Growth Hormon) adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh tubuh terutama ketika sedang pubertas dan akan berkurang produksinya seiring dengan bertambahnya umur, dimana hormon ini penting untuk regenerasi sel-sel dan pertumbuhan. Kurangnya hormon ini akan menimbulkan keluhan mudah lelah, susah konsentrasi, berat badan bertambah, kulit kering, kadar kolesterol yang meningkat, dll.

Namun pada beberapa penyakit seperti sindrom turner memang produksi HGH kurang sehingga diperlukan tambahan HGH sintesis berupa suntikan.

Karena berbagai manfaat HGH sebagai hormon pertumbuhan dan regenerasi maka seringkali dipakai oleh orang-orang yang berniat menambah massa otot, dan hal ini memang bisa namun perlu dibarengi dengan makanan pembentuk otot (tinggi protein) dan yang terpenting adalah olahraga secara teratur terutama angkat beban.

Namun Anda perlu waspada karena bila HGH ini dipakai secara berlebihan, maka HGH ini akan menimbulkan efek samping berupa nyeri otot, pembengkakan, kesemutan, pusing, hingga tekanan darah tinggi.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk menghindari dampak negatifnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tahu tempe adalah sumber fitoestrogen yang dapat meningkatkan hormon estrogen

Makan Tahu Tempe Bisa Jadi Cara Meningkatkan Hormon Estrogen

Makanan tinggi fitoestrogen bisa jadi cara meningkatkan hormon estrogen alami. Hormon estrogen berperan penting dalam reproduksi dan aktivitas seksual.