29 Aug 2020, 17:34Kandungan

Amankah fermipan dikonsumsi saat hamil?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, saya sedang hamil 4 bulan.. kebetulan saya sedang merasa ngidam donat. Karena saya biasa bikin donat dengan menggunakan ragi instan (fermipan) apa ini aman dikonsumsi saat hamil?
12313 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Ragi instan adalah salah satu bahan yang seringkali digunakan untuk pembuatan roti, donut, maupun pizza. Bahan ini bertujuan untuk mengembangkan tepung. Perihal amankah atau bolehkah ibu hamil memakan ragi, maka hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan selama tidak berlebihan.Sebenarnya tidak ada efek spesifik ragi terhadap kondisi janin, namun penggunaan ragi bisa merangsang produksi asam lambung sehingga bisa memicu timbulnya mual dan perut kembung. Sedangkan pada ibu hamil muda seringkali masih muncul keluhan mual. muntah, perut kembung sehingga penggunaan ragi harus dibatasi agar keluhan tersebut tidak semakin parah. Selain itu Anda juga bisa meminum antacida misalkan ada keluhan mual yang tidak tertahankan, atau minum vitamin B6.

Asupan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah:

  • Minum asam folat baik yang bentuk suplemen atau yang alami seperti dari bahan brokoli, alpukat, kacang-kacangan, biji bunga matahari, asparagus, dll.
  • Banyak makan ikan dan telur karena mengandung omega 3.
  • Minum susu secara teratur untuk kecukupan kalsium.
Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter kandungan sesuai dengan usia kehamilan Anda untuk memantau perkembangan janin Anda.Salam sehat,dr. Vina
asam lambungmenjaga kehamilanasam folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil