Amankah berhubungan intim saat hamil muda?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
siang dok, saya sekarang sedang hamil muda. apakah aman jika saya tetap berhubungan seks saat hamil muda? jika boleh, apakah ada saran apa yang boleh dan tidak boleh saya lakukan saat berhubungan seks?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Ketika sedang hamil muda tentunya perlu lebih waspada, termasuk ketika berhubungan seksual. Karena ketika hamil muda sering terjadi masalah seperti mual muntah, lemas, pusing, munculnya flek-flek yang bisa sebagai tanda proses penempelan janin ke rahim atau adanya kelainan kehamilan seperti hamil anggur, hamil diluar kandungan, atau ancaman keguguran bila flek disertai dengan kram perut.

Perihal berhubungan seksual ketika sedang hamil muda, maka sebaiknya dihindari selama 3 bulan awal kehamilan, karena sperma yang masuk bisa merangsang rahim untuk kontraksi. Bila tetap ingin berhubungan seksual maka pilih posisi dimana wanita berada di atas sehingga Anda bisa mengatur kedalaman penetrasi, hindari penetrasi penis yang terlalu dalam dan sebaiknya gunakan kondom ketika berhubungan seksual. Atau Anda juga bisa berhubungan seksual dengan posisi bersebelahan. Hindari berhubungan seksual dengan terlalu bersemangat dan penetrasi sangat dalam.

Bila setelah berhubungan seksual muncul gejala-gejala seperti perut kram, mulas, perdarahan yang sangat banyak, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi kandungan Anda.

Selain itu Anda juga perlu menjaga kesehatan kandungan Anda dengan cara perbanyak makan sayur, buah, ikan, minum air putih minimal 2 liter setiap hari, cukup istirahat, lakukan olahraga ringan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh, dan hindari makanan kaleng, minuman bersoda, serta asap rokok.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati kalender perkembangan janin trimester ketiga untuk mempersiapkan persalinan

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Trimester ketiga adalah periode mulai munculnya gejala-gejala indikasi persalinan. Pantau perkembangan janin trimester ketiga melalui panduan ini untuk mempersiapkan persalinan.