Amankah amoxsan untuk bayi usia 3 bulan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, aman ga yah memberikan amoxsan untuk bayi berusia 3 bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Amoxsan adalah salah satu jenis antibiotik yang di dalamnya terkandung bahan amoxicillin yang banyak diresepkan untuk pengobatan infeksi bakteri di saluran pernapasan atau saluran kemih. Obat ini aman digunakan untuk bayi dan ibu hamil serta menyusui selama orang yang meminumnya tidak ada riwayat alergi obat amoxicillin sebelumnya.

Namun obat ini adalah obat golongan keras sehingga untuk pemakaiannya perlu instruksi dari dokter berdasarkan hasil pemeriksaan dan tentunya butuh diresepkan karena tidak bisa dibeli bebas. Selain itu penggunaan antibiotik juga tidak boleh sembarangan karena bila antibiotik yang digunakan tidak sesuai maka bakteri akan menjadi kebal dan obat menjadi tidak efektif lagi.

Cara pemberian yang aman tentunya menggunakan pipet tetes demi tetes mengingat bayi Anda masih 3 bulan agar tidak tersedak , dan sebaiknya1 jam setelah pemberian ASI. Bila bayi tampak rewel, muncul ruam-ruam kemerahan, atau area wajah bengkak maka segera hentikan obatnya dan periksakan ke dokter terdekat karena kemungkinan terjadi reaksi alergi bila bayi Anda baru pertama kali minum obat.

Bila bayi Anda sudah meminum antibiotik selama 3 hari namun keluhan masih ada, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang ke dokter anak, mungkin perlu cek darah atau foto rontgen bila ada keluhan batuk.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk alergi dapat disebabkan oleh iritan atau zat-zat tertentu di udara

Apa Perbedaan Batuk Alergi dan Batuk Flu? Ini Penjelasannya

Terdapat perbedaan batuk alergi dengan batuk flu, terutama dalam hal penyebab dan durasi berlangsungnya. Kenali perbedaan selengkapnya dalam artikel ini.