amandel yang harus diangkat

YN Info Penanya: YN, Pria, 33 Tahun
Menurut Dokter amandel saya harus diangkat, akan tetapi saya masih belum siap. Ditenggorokan saya selalu banyak lendir, apakah ini pengaruh dari amandel?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YN

Amandel yang membesar atau tonsilitis terjadi akibat infeksi virus ataupun bakteri pada tonsil, tonsil juga menjadi bagian pertahanan tubuh yang membesar jika terdapat infeksi khsuusnya disaluran nafas bagian atas.

Adanya radang tonsil akan membuat rasa nyeri menelan, demam, batuk dan badan terasa lemas. Pada kondisi lama tonsilitis menjadi kronik menyebabkan hipertrofi pembesaran yang menetap.

Pada tonsilitis kronik biasanya pasien juga mengeluh nyeri menelan yang sering hilang timbul disertai batuk, kondisi ini mengganggu aktivitas kualitas hidup, selain itu pasien juga  sulit bernafas, tidur mengorok, penurunan intake makan karena sulit menelan. 

Tatalaksana yang dilakukan adalah dengan menjaga imunitas tubuh untuk tetap sehat seperti melakukan olahraga, hindari rokok dan alkohol, cukup istirahat dan hindari bergadang. Selain itu dapat diberikan anti radang golongan kortikosteroiid, antinyeri seperti parasetamol dan antibiotik. Namun pada tonsilitis kronik biasanya tonsil menetap dan sulit untuk mengecil sehingga tatalaksana utama adalah dengan tonsilectomy secara operasi. Sebaiknya anda mengikuti saran dokter THT anda untuk menjalani operasi. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri dan virus yang masuk ke dalam mulut merupakan penyebab radang amandel pada anak

Kenali Penyebab Radang Amandel yang Bisa Terjadi pada Anak Anda

Meski menjadi pertahanan pertama dalam memerangi virus dan bakteri yang masuk ke dalam mulut anak, amandel juga rentan mengalami infeksi. Bakteri dan virus yang masuk merupakan penyebab radang amandel pada anak. Di samping itu, ada faktor-faktor risiko lainnya yang memengaruhi terjadinya penyakit ini.