Amandel bengkak pada anak, apakah berbahaya ? Bisakah sembuh tanpa operasi ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 33 Tahun
dok ank sy umur 7 th amandel tp tdk pernah trsa sakit pada tenggorokan ny melainkan cuma demam sj ,tp ketika sy melihat nya ad bengkak,apakah amandel berbahaya? apa kah amandel bisa sembuh tanpa operasi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Amandel atau yang dalam istilah medis dikenal dengan tonsil merupakan salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai jenis infeksi. Namun demikian tonsil dapat pula mengalami gangguan yang kemudian menimbulkan peradangan

Adapun berbagai gejala radang amandel yang meliputi :

  • amandel merah dan bengkak
  • terdapat lapisan putih atau kuning pada amandel
  • nyeri tenggorokan
  • sulit dan nyeri menelan
  • demam
  • pembesaran kelenjar getah bening di leher
  • suara serak
  • bau mulut tidak sedap
  • nyeri kepala

Pada dasarnya radang mandel tidak berbahaya dan umum terjadi pada anak karena amandel merupakan garda pertahanan pertama dalam sistem imunitas tubuh. Akan tetapi seiring bertambahnya usia anak, fungsi amandel akan semakin menurun terutama saat anak sudah mengalami pubertas.

Mengenai pertanyaan Anda tentang penyembuhan amandel tanpa operasi, sejatinya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa operasi amandel sendiri merupakan jalan terakhir dan memiliki berbagai syarat. Umumnya keadaan kambuhan yang tidak responsif atau tidak membaik dengan obat adalah salah satu indikasi untuk dilakukannya operasi. Selain itu besarnya pembengkakan pun menjadi indikasi operasi apabila telah menutupi hampir seluruh tenggorokan anak karena dapat mengakibatkan sumbatan jalan napas.

Untuk keterangan dan pemeriksaan lebih lanjut, ada baiknya Anda membawa anak Anda ke dokter Spesialis THT. Semantara ini Anda dapat membantu mengurangi gejala bengak pada amandel anak Anda dengan memberikan air rebusan jahe, perasan lemon dan sedikit madu murni.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi amandel pada anak salah satunya dengan berkumur menggunakan air garam.

8 Cara Mengatasi Amandel pada Anak

Mengetahui cara mengatasi amandel pada anak begitu penting, agar dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang amandel yang dialami Si Kecil. Seperti apa caranya?