Kenapa demam 1 bulan dan amadel membesar?

PM Info Penanya: PM, Wanita, 19 Tahun
Assalamualaikum dok, saya umur 19th saya ingin bertanya satu bulan ini saya merasakan demam terus menerus sembuh bentar demam lagi dan juga sering sakit utk menelan seperti ad yg ganjel saya periksa ternyata radang amndel saya kira sakit tenggorokan biasa, saya di beri obat antibiotik utk meredakan radang namun kenapa ya dok obat tsb tidak membuat amandel nya kempis masih besar dan begitu saja memang radangnya agak berkurang tapi masih ganjel mau nelan sering demam keluar lendir dan mudah capek
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Baik, dari keluhan yang Anda sebutkan kemungkinan Anda mengalami gejala tonsilitis kronis karena peradangan atau inflamasi pada tonsil atau amandel sudah berlangsung selama lebih dari 2 minggu. Tonsilitis bisa disebabkan karena infeksi virus maupun bakteri. Bisa disebabkan karena merokok, cuaca, pengobatan radang amandel yang tidak tuntas, kebersihan mulut yang kurang terjaga, kekebalan tubuh yang rendah dan paparan radiasi.

Gejala yang dirasakan sakit tenggorokan, suara serak, demam, bau mulut, batuk, sakit kepala, dan tidur mendengkur. Pengobatan yang bisa di lakukan bisa dengan obat-obatan dan juga operasi. Dokter akan menentukan terapi berdasarkan kondisi dari pasien.

Pencegahan yang Anda bisa lakukan di rumah adalah cukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup, kumur dengan air hangat yang di campur garam, hindari asap dan ruangan berdebu, gunakan humidifier untuk melembabkan udara di ruangan. Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis THT untuk menentuka terapi dan penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami.

Semoga bermanfaat, 

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi amandel pada anak salah satunya dengan berkumur menggunakan air garam.

8 Cara Mengatasi Amandel pada Anak

Mengetahui cara mengatasi amandel pada anak begitu penting, agar dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang amandel yang dialami Si Kecil. Seperti apa caranya?