Apakah obat ini aman bagi ibu hamil?

LL Info Penanya: LL, Wanita, 25 Tahun
Hello dokter,mau tanya saya barusan cek dokter THT krna hidung saya merah2...kata dokter itu peradangan hidung..jd sy diberi obat fituno,aldisa sr sm vioquin,mau tnya obatnya aman tidak dikonsumsi sm ibu hamil 5bulan.makasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LL.

Peradangan hidung adalah respon yang terjadi ketika ada benda asing yang masuk ke dalam hidung. Gejala peradangan hidung bervariasi bagi setiap orang, ada yang disertai demam, nyeri, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan lain-lain.

Saat mengonsumsi obat, ibu hamil sebaiknya memperhatikan kategori obat dari FDA (The Food and Drug Administration), sebuah badan yang memastikan keamanan makanan dan obat. Berikut penjelasannya:

  • Kategori A, merupakan obat-obatan yang cukup aman dikonsumsi ibu hamil. Obat dengan kategori ini terbukti tidak memicu kelainan janin pada manusia.
  • Kategori B, studi obat-obatan yang dilakukan pada hewan terbukti tidak memicu kelainan, namun belum dilakukan studi pada manusia.
  • Kategori C, studi yang dilakukan pada hewan memperlihatkan adanya efek samping pada janin. Namun, obat ini dapat diberikan apabila manfaat lebih besar daripada risikonya, dengan hati-hati.
  • Kategori D, obat yang terbukti memicu kelainan bentuk janin pada manusia, namun manfaat lebih besar daripada risikonya.
  • Kategori X, jelas terbukti kelainan bentuk janin pada manusia dan hewan. Obat-obatan ini tidak boleh diberikan kepada ibu hamil.

Terkait obat-obatan yang Anda berikan, berikut adalah kandungan obat tersebut:

  • Fituno, mengandung ekstrak Echinacea, ekstrak morindae fructus, ekstrak Phyllanti herba, vitamin B1, B6, dan vitamin E. Obat ini termasuk ekstrak herbal dan vitamin, yang tidak dikategorikan oleh FDA. Obat ini digunakan untuk menjaga dan memulihkan daya tahan tubuh. 
  • Aldisa SR, mengandung loratadine dan pseudoefedrin sulfat. Loratadine termasuk dalam kategori B, dan pseudoefedrin termasuk kategori C. Obat ini berguna untuk mengurangi peradangan pada hidung akibat reaksi alergi. 
  • Vioquin, mengandung ciprofloxacin, yang termasuk dalam kategori C. Ciprofloxacin adalah salah satu jenis antibiotik untuk mengeliminasi bakteri penyebab peradangan hidung.

Selain mengonsumsi obat-obatan, Anda dapat melakukan hal berikut untuk meringankan peradangan pada hidung Anda:

  • Mengonsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup
  • Tidur teratur dan jangan begadang
  • Menjaga ruangan agar tetap lembab, gunakan air humidifier jika diperlukan
  • Mengonsumsi obat alami, seperti madu atau sup kaldu hangat

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.