Alpukat cocok untuk diet, benarkah?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter! Saya saat ini sedang melakukan program diet, apakah alpukat sudah bisa mencukupi kalorinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Alpukat adalah buah yang berbiji tunggal dengan kulit berwarna hijau. Setelah dipanen, buah ini akan matang dengan sendirinya pada suhu ruang sekitar 3-5 hari. Ketika sudah matang, alpukat akan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang unik.

Dari segi kandungan gizi, alpukat berbeda dari buah lainnya, karena memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Selain lemak sehat, alpukat juga mengandung vitamin B, vitamin E, potassium, serat, dan kandungan gizi lainnya. Satu buah alpukat berukuran sedang (sekitar 200 gram) mengandung 322 kalori, yang lebih rendah jika dibandingkan dengan seporsi nasi padang.

Oleh karena kalorinya yang 'pas', saat ini alpukat seringkali dijadikan makanan pokok pada mereka yang melakukan diet, terutama diet ketogenic. Kandungan gizi yang dimiliki alpukat mampu membuat perut kenyang lebih lama, yang dengan demikian akan mengontrol nafsu makan sehingga berat badan lebih terkontrol. 

Selain membantu menurunkan berat badan, berikut manfaat lain dari alpukat:

  • Mencerahkan suasana hati, karena mengandung asam amino triptofan
  • Menambah energi dari kandungan vitamin B-nya
  • Mencegah penuaan dini karena kaya vitamin E
  • Melindungi mata dengan menyerap gelombang cahaya yang merusak penglihatan, karena kandungan lutein dan zeaxanthin-nya

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi alpukat saat diet, asalkan dalam jumlah yang wajar, ya. Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter gizi untuk mendapatkan perencanaan program makan khusus untuk Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dalam 100 gram alpukat terdapat 160 kalori

Berapa Banyak Jumlah Kalori Alpukat?

Alpukat termasuk jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering dimasukkan ke dalam menu diet. Kalori alpukat juga sangat tinggi, dalam 100 gram alpukat mengandung 160 kalori yang berguna sebagai sumber energi. Ketahui info seputar alpukat di sini.