Alpakah penderita gagal ginjal yang sudah menjalani cuci darah boleh minum air putih hangat/panas?

TO Info Penanya: TO, Wanita, 21 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanyaApakah penderita gagal ginjal yg sudah menjalani cuci darah boleh minum air putih hangat/panas? "Trimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya untuk penderita gagal ginjal yang rutin menjalani cuci darah, diberi instruksi oleh dokter untuk menjaga jumlah cairan yang masuk. Cairan yang masuk dari air putih, sup atau cairan dari buah. Sehingga tidak ada pantangan spesifik minum air putih panas / dingin tapi jumlah cairannya yang harus dibatasi. Biasanya hanya boleh dibawah satu liter. Sehingga waktu ditimbang sebelum cuci darah berikutnya tidak tampak asupan cairan yang berlebihan.

Karena asupan cairan yang berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi kelebihan cairan pada penderita gagal ginjal yang menjalani cuci darah. Misalnya sesak nafas, bengkak jantung atau bengkak di anggota tubuh lainnya. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkilir dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang menimbulkan rasa nyeri

Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!

Kadang sulit membedakan sakit pinggang dan masalah ginjal karena titik rasa nyeri yang berdekatan. Terkilir juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang akibat cedera saat beraktivitas.