Aliran darah tidak lancar menyebabkan telapak tangan kesemutan

EA Info Penanya: EA, Wanita, 52 Tahun
Halo Dok,Pertanyaan pertama:Sudah 1 tahun ini saya mengalami kesemutan di telapak tangan dengan frekuensi sangat sering, terutama saat tidur dan tidak berkegiatan. Semakin lama rasanya semakin mengganggu dan membuat tidak nyaman. Terkait hal tersebut, apa yang menyebabkan kesemutan tersebut, apakah bisa sembuh? dan adakah hubungannya dengan jantung? Karena saya khawatir, ada cerita teman yang meninggal dunia akibat serangan jantung dulu diawali dengan gejala kesemutan seperti ini. Pertanyaan kedua:Belakangan ini saya sering merasakan pegal di pinggang atau pinggul, hingga sekarang jika harus berjalan lama, saya bergantung dengan korset sebagai penopang berat badan. Pernah coba dengan fisioterapi, tetapi sampai hari ini tidak ada perubahan signifikan. Apa yang menyebabkan hal tesebut ya Dok? Apakah ini HNP? dan bagaimana solusinya? Mohon pencerahan dan penjelasannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yang terhormat Ibu EA,

Kesemutan ( Latin = Parasthesia) adalah sensasi yang dirasakan seperti seperti terbakar, baal, geli, gatal dan seperti ada yang menjalar di kulit. Kesemutan dapat berdiri sendiri atau merupakan suatu gejala dari penyakit lainnya.

Beberapa Penyakit dan Kondisi yang dapat menyebabkan kesemutan, dapat kami sampaikan disini yaitu :

 

  • Gangguan Sistem Syaraf Sensoris

Kesemutan yang timbul karena gangguan di Sistem Saraf Sensorik disebabkan karena rangsangan listrik di daerah itu terhambat. Contoh sederhana adalah kaki yang kesemutan akibat terjepit karena duduk lama, tangan yang kesemutan akibat terlipat waktu tidur. Pada kondisi ini, setelah posisi tubuh dinormalkan maka kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

 

  • Infeksi Cytomegalo Virus

Infeksi virus ini menyerang sumsum tulang belakang, menyebabkan Myelitis.

    1. Kekurangan Vitamin B Komplek, dikenal sebagai Vitamin Neurotropik yaitu vitamin yang berfungsi untuk memeberi makan sel – sel syaraf. Vitamin B Komplek terdiri dari Vitamin B1, B6 dan B12. Bila kekurangan Vitamin B Komplek maka sering terasa kesemutan umumnya di tangan dan kaki. Vitamin B Komplek dapat diperoleh dari buah dan sayuran segar, atau dapat dengan mengkonsumsi tamban Vitamin dalam bentuk tablet atau kapsul.
    2. Karpal Tunel Syndrom, gejalanya berupa kesemutan, mati rasa, kelemahan, nyeri pada keempat jari dan telapak tangan namun tidak terjadi pada jari kelingking.

 

  • Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis)

Penyakit DM yang tidak terkontrol, dapat menyebabkan kerusakan pada ujung-ujung saraf sehingga menyebabkan perasaan seperti kesemutan.

  1. Kelainan pada kelenjar Tyroid berupa Hipotiroid atau Hipertyroid
  2. Penyakit lainnya seperti Bells Palsy, Frozen Shoulder, sampai adanya tumor dan keganasan lainnya di otak.

Semua kemungkinan diatas, dapat dipastikan bila Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Syaraf (Neurologi) terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Selanjutnya untuk perasaan pegal di pinggang dan pinggul bila berjalan lama, dapat saja disebabkan oleh karena adanya saraf yang terjepit sampai HNP (Hernia Nukleus Pulposus). Untuk sementara penyangga dengan korset dipakai saja dulu, bila memang dapat membantu Ibu. Namun untuk ini saran dari kami adalah sebaiknya segera mengunjungi Dokter Spesialis Saraf (Neurologi) terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali gejala diabetes pada pria sejak dini agar dapat lekas dilakukan perawatan

Ini Dia Gejala Diabetes pada Pria yang Harus Dikenali

Diabetes pada pria dapat mengakibatkan disfungsi ereksi dan masalah urologi. Itulah sebabnya, Anda perlu memahami gejala diabetes yang menyerang pria.