Bersin-bersin dan pilek ketika udara dingin, apakah ini alergi?

RS Info Penanya: RS, Wanita, 20 Tahun
Selamat pagi, dok?Mohon maaf Dok, Saya mau bertanya? Saya sering mengalami yang namanya filek disertai bersin. Namun itu terjadi ketika malam mau tidur dan pagi setelah bangun tidur. Kalo pada siang hari semua itu menghilang, apalgi ketika kena udara dingin dari kipas angin maupun AC pasti suka terjadi lagi. Apakah semua itu termasuk alergi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RS

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Bersin-bersin atau keluhan pilek, paling sering dikarenakan oleh peradangan dari lapisan permukaan dalam hidung. Dalam istilah medis, disebut rhinitis. Rhinitis sendiri terbagi menjadi 2, yaitu rhinitis non alergi (karena infeksi virus / bakteri) dan rhinitis alergi

Adapun gejala yang muncul adalah sebagai berikut:

  • Hidung terasa gatal dan bersin-bersin
  • Hidung tersumbat
  • Mata berair, gatal, dan terkadang memerah
  • Batuk
  • Langit-langit mulut dan tenggorokan terasa gatal
  • Post nasal drip, adanya lendir yang menetes dari belakang hidung)

Rhinitis alergi terjadi karena adanya suatu reaksi alergi dari tubuh yang diakibatkan oleh alergen. Adapun beberapa hal yang termasuk dalam alergen seperti, cuaca, udara, debu, bulu dari hewan peliharaan, kutu dan lain sebaginya.

Terkait dengan keluhan Anda, keluhan yang Anda rasakan bisa dikarenakan alergi udara dingin. Pada prinsipnya, adalah menghidari faktor pencetusnya, yaitu alergen. Pastikan Anda menghindari udara dingin dengan cara tidak mengatur suhu pendingin runagan yang terlalu dingin, konsumi makkanan berkuah / minuman hangat di pagi dan malam hari agar badan hangat, tetap mengonsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, cukupi kebutuhan cairan harian, dan istirahat cukup.

Jika keluhan dirasa sangat menggangu, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis THT terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksaan yang sesuai dengan keluhan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala bersin terus-menerus mungkin saja bukan karena pilek

5 Penyebab Bersin Terus-Menerus Ini Mungkin Tak Anda Sadari

Bersin terus-menerus umumnya merupakan tanda Anda sedang pilek atau flu. Namun apabila kondisi tubuh sedang fit dan Anda sering bersin, mungkin saja ada penyebab lain di balik gejala ini.