Alergi susu formula

LA Info Penanya: LA, Wanita
Mau tanya ank saya kn umurnya 2 bulan dr lahir alergi susu formula dok,trs pas di tetesi pake obat sembuh sampel skrg ga kambuh lg dan minum susu ny jg yg kedelai seperti Nestle NAN PH PRO,trs BAB ny to mencret trs n warnanya ijo.apakah normal atau tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LA,

Buang air besar pada anak dapat dipengaruhi berbagai hal seperti asupan makanan atau susu, infeksi pada saluran cerna dan faktor lain. Tinja pada anak sendiri bisa berubah warna dan konsistensinya dimana perubahan warna feses sendiri bisa dipengaruhi berbagai hal seperti:

  • Warna cokelat kehijauan disebabkan oleh susu formula atau susu selain asi dan merupakan hal normal
  • Warna hijau tua disebabkan oleh pemberian ASI
  • Kuning kecokelatan di sebabkan karena ASI
  • Kuning terang disebabkan karena diare atau karena susu formula
  • Warna hitam dapat disebabkan ketika bayi pertama kali buang air besar yang disebut meconium atau karena perdarahan saluran cerna
  • Warna merah dapat disebabkan karena makanan yang dikonsumsi bayi seperti buah tomat, bit, ataupun karena infeksi saluran pencernaan
  • Warna abu-abusampai putih karean masalah pencernaan dan gangguan organ hati

Tetapi jika perubahan warna feses disertai peningkatan frekuensi buang air besar dan perubahan konsistensi feses menjadi lebih lembek sampai cair perlu diperhatikan karena menandakan bayi mencreat. Ketika bayi mencret yang paling utama adalah mencegah terjadinya dehidrasi dengan memberikan lebih banyak cairan.

Jika disertai muntah, demam dan timbul tanda dehidrasi maka perlu untuk segera membawa anak Anda pada fasilitas kesehatan terdekat atau periksakan pada dokter Anak. Upayakan menjaga kebersihan diri dan bayi Anda dengan rutin mencuci tangan terutama setelah dan sebelum mengganti popok anak agar tidak memicu risiko penularan penyakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.