04 Oct 2020, 08:54Kulit & Kelamin

Alergi semen bagaimana mengatasinya?

MJ
Info Penanya: MJ0
Selamat pagi dok, saya mau bertanya, saya bekerja sebagai pencetak paving dan mau tidak harus berhadapan dengan bahan semen, setelah 1 bulan saya merasakan kulit tangan bengkak berupa tonjolan berair terasa panas? Obat salep apa yg rekomendasi untuk keluhan saya?
15245 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MJ,Alergi semen adalah salah satu keluhan kulit yang bisa dikategorikan sebagai peradangan kulit atau dermatitis kontak dimana penyebabnya adalah kontak dengan bahan semen. Keluhannya sendiri bisa mulai dari gatal, ruam kulit, hingga bisa menimbulkan infeksi sekunder jika tidak ditangani dengan baik.Dermatitis kontak sendiri bisa dibagi dua yaitu dermatitis kontak iritan dan dermatitis kontak alergi. Untuk semen sendiri bisa menjadi tergolong pada keduanya. Untuk mengatasi keluhan yang terjadi perlu dilakukan beberapa cara seperti:
  • Hindari terpapar semen secara langsung, bisa gunakan sarung tangan sehingga kulit tidak terkena paparan semen
  • Segera bilas kulit yang kontak dengan semen dan keringkan
  • Pada kulit yang timbul benjolan berair dan panas, bisa di kompres dengan air dingin dan perlu diberikan salep dengan kandungan yang mengatasi peradangan kulit, bisa diberikan salep kortikosteroid tapi perlu diberikan dengan resep dokter
  • Jika ada infeksi maka dokter akan memberikan salep antibiotik dan juga obat minum untuk mengatasi infeksinya
  • Minum obat antihistamin untuk meredakan gatal dan juga reaksi alerginya seperti dengan mengonsumsi obat chlorphenireamine maleat
Perlu diketahui bahwa dermatitis kontak ini bisa kembali kambuh dan berulang jika masih tetap kontak dengan paparan zat yang memicunya. Untuk itu perlu diperbaiki cara bekerja dan perlu menggunakan alat bantu atau alat pelindung diri agar tidak terpapar secara langsung dengan zat penyebab timbulnya gejala alergi tersebut. Periksakan diri pada dokter spesialis kulit agar diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergikesehatan kulitdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil