10 Apr 2021, 18:22Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi kulit mengelupas dan kemerahan?

OP
Info Penanya: OP0
Dok sy abis alergi minyak karat ditmpt sy kerja.. skrng sudah mulai ngelupas kulitnya.. tp dbagian tangan kulit sy menebal wrna merah gelap dok.. pake apa ya dok biar kembali kesemula?
89 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, OPTerima kasih atas pertanyaannya.Kulit mengelupas, kemerahan dan menebal dapat terjadi karena reaksi iritasi akibat alergi.  Alergi dapat berupa paparan seperti udara, asap, debu, bulu hewan dan serbuk bunga serta makanan.  Selain paparan alergen, penggunaan zat kimia seperti air sabun cuci piring, detergen, parfum serta zat kimia lainnya juga dapat menimbulkan reaksi iritasi akibat alergi ini.  Kondisi ini sering disebut sebagai dermatitis kontak

Tindakan awal mengatasi reaksi alergi :

  • Menghindari pencetus. Misal karena zat kimia gunakan perlindungan ganda jika memang pekerjaan mengharuskan adanya kontak dengan zat kimia.
  • Hindari mengelupaskan kulit dan menggaruk kulit yang iritasi agar tidak menimbulkan infeksi yang tambah parah.
  • Selalu cuci tangan dengan air hangat dan sabun kandungan lembut.
  • Gunakan pelembab seperti petroleum jelly atau gel aloe vera untuk menenangkan kulit yang iritasi dan melembabkan sehingga tidak mudah kering dan mengelupas.
  • Bisa juga gunakan lotion calamine ketika timbul gatal.
  • Minum obat anti alergi untuk mengurangi keluhan alergi.
Ketika reaksi alergi anda bertambah parah atau malah timbul keluhan baru ada baiknya periksa ke dokter spesialis kulit untuk memastikan apakah kondisi kulit saat ini masih karena alergi atau ada penyebab lainnya.  Dengan begitu, dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai sehingga kondisi kulit dapat membaik. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
alergiruam kulitdermatitisdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil