28 Dec 2020, 09:55Penyakit Lainnya

Alergi cat rambut?

IM
Info Penanya: IM0
Slmt ogi Dok,saya sering memakai cat rambut ,tapi knpa ya,akhir" ini saya memakai dan kpala dan mujaku bengkak,dan itu terjadi satu hari setelah pemakaian.aku bingung apakah krn gonta fanti cat? Ataukah krn pemakaiannya twrlalu lama barudi bilas? Mksh Dokter,mohon jawaban dan saran dari Dokter,,,makasih???
526 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam IM,Reaksi alergi adalah kondisi yang terjadi ketika ada suatu zat ataupun alergen yang menempel pada tubuh sehingga tubuh menimbulkan reaksi seperti misalnya gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan pada kulit, bengkak pada mata, bibir, bisa juga reaksi yang lebih berat seperti sesak sampai pingsan dan syok.Apabila sering menggunakan cat rambut lalu timbul reaksi alergi, maka perlu menghindari penggunaan merk tersebut. Reaksi alergi sendiri bisa karena kandungan dari cat rambut tersebut dan juga bisa dipengaruhi lamanya kontak dengan zat tersebut serta banyaknya jumlah cat yang digunakan.Untuk amannya sebelum menggunakan cat, bisa coba sedikit cat pada bagian punggung tangan. Jika dalam 1-2 jam tidak ada reaksi apa-apa baru digunakan. Untuk meredakan gejala alergi dapat dilakukan beberapa cara seperti:
  • Bilas semua pewarna yang menempel 
  • Mandi air dingin
  • Kompres bagian yang bengkak atau gatal dengan air dingin
  • Minum obat pereda alergi atau obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
  • Segera periksakan jika keluhan bengkak tidak membaik ataupun timbul gejala yang lebih berat
Hati-hati karena reaksi alergi berat bisa membahayakan jiwa terutama jika sampai terjadi syok anafilaktik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergigatalsyok anafilaksispembengkakan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil