26 Dec 2020, 17:17Kulit & Kelamin

Penyebab bintik-bintik kecil berwarna merah di seluruh tubuh

TA
Info Penanya: TA0
Assalamu'alaikum dok.. Dok.. Di badan saya terutama tangan dan kaki muncul bintik kecil dan berwarna merah dok. Dan ada beberapa bintik kecil yg ada air nya... Dan rasanya gatal dok... Ditelapak tangan saya juga dok. Sudah penuh dengan bintik-bintik.. Itu kenapa ya dok? Dan apa obatnya.. Terimakasih dok
639 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, T.Penyebab gatal di tubuh sangat banyak sekali, baik karena reaksi alergi, infeksi pada kulit, kontak kulit dengan bahan iritan, maupun gatal yang ditimbulkan karena penyakit tertentu. Tangan dan kaki merupakan organ yang sering kita gunakan untuk beraktifitas. Paparan tangan dan kaki oleh benda asing, baik bahan iritasi seperti cairan sabun, detergen, bahan kimia, proses mencuci semuanya menyebabkan kerusakan di kulit.

Penyebab bintik-bintik kecil berwarna merah di seluruh tubuh

Penyebab bintik-bintik kecil berwarna merah di seluruh tubuh terutama di tangan dan kaki yang Anda alami dapat dipicu oleh :
  • Dermatitis kontak iritan dimana saat kulit tangan dan kaki menyentuh bahan yang membuat iritasi seperti sabun colek, pembersih lantai, detergen.
  • Dermatitis kontak alergi dimana saat kulit tangan dan kaki tidak dapat menyentuh bahan yang menyebabkan alergi misalnya sarung tangan dan alas kaki yang berbahan dasar plastik serta latex.
  • Infeksi jamur pada tangan dan kaki.
  • Infeksi skabies yang memberikan gambaran berupa gatal hebat di sela-sela jari membentuk gambaran seperti terowongan. 
  • Penyakit varicella atau cacar air mmebuat kulit penuh dengan bintik-bintik merah berisi cairan dan terasa gatal.
Rasa gatal di badan teruatama pada tangan dan kaki anda memicu Anda untuk menggaruk dengan kencang. Hal ini dapat menimbulkan infeksi sekunder pada kulit Anda. Untuk itu, keluhan gatal harus segera diatasi dan dicari tahu penyebabnya. Anda juga sebaiknya menghindari kontak kulit dengan bahan-bahan iritan dengan selalu menggunakan sarung tangan dan alas kaki saat mencuci, gunakan pelembab pada kulit secara tertaur, minum yang cukup, makan makanan berserat tinggi, dan konsumsi vitamin E 1 x 1 caplet setelah makan untuk kesehatan kulit Anda. Anda juga dapat mengkonsusmi CTM 3 x 4 mg untuk mengurang rasa gatal diminum setelah makan. Efek obat CTM ini dapat membuat Anda mengantuk.Jika keluhan rasa gatal di badan Anda tidak kunjung membaik, bahkan disertai bengkak di seluruh tubuh, keluar cairan seperti nanah, diikuti rasa nyeri dan demam, segera ke dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi jamurdermatitis kontakvarisela zoster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil