25 Dec 2020, 08:56Kulit & Kelamin

Apa saja penanganan pertama untuk alergi ?

WP
Info Penanya: WP0
Permisi dok ini saya abis makan ikan tongkol tiba tiba bibir saya bengkak dan berair tolong donk donk obat nya apaa m
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam WPSemua orang pasti pernah merasakan reaksi alergi. Reaksi alergi merupakan reaksi imun tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu zat atau bahan pemicu yang disebut dengan alergen. Setiap orang akan memiliki alergen dan bentuk alergi yang berbeda-beda. Alergi ini disebabkan karena genetik atau keturunan. Reaksi alergi yang muncul bisa bergejala ringan saja tetapi ada beberapa kondisi bisa menyebabkan syok anafilaksis dan membahayakan jiwa. 

Penanganan Pertama Pada Alergi

Penanganan pertama pada rekasi alergi adalah dengan menjauhkan alergen dari tubuh penderita. Kemudian anda dapat mengkonsumsi obat antihistamin Chlorpheniramine maleat (CTM) dengan dosis 3 kali 1 tablet sehari. Antihistamin lainnya yang dapat digunakan adalah loratadine, atau cetirizine dan bisa dikombinasi dengan obat kortikosteroid. Tetapi tentunya pemberian obat-obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena merupakan golongan obat keras.Waspadai bila tanda-tanda kegawatdaruratan pada reaksi alergi yang mengarah pada kondisi yang lebih serius. Tanda-tanda tersebut adalah :
  • Bentol atau ruam kemerahan bertambah banyak
  • Bengkak pada wajah
  • Sesak
  • Kulit melepuh hampir di seluruh tubuh
  • Nadi dan nafas cepat
  • Tangan dan kaki dingin
  • Tidak sadarkan diri
Bila terjadi hal-hal diatas segera bawa ke tempat fasilitas medis terdekat untuk diberikan pertolongan pertama. Bila tidak sadarkan diri, posisikan penderita terbaring miring pada satu posisi untuk membuka jalan nafas, dan segera bawa ke fasilitas medis terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
alergiantihistaminsyok anafilaksiskortikosteroid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil