Selalu gatal disertai benjolan setiap sore dan malam, apa penyebabnya ?

DI Info Penanya: DI, Wanita, 20 Tahun
Permisi dok, say mau tanya. Ini perihal penyakit yang di derita adik saya yang msih berumur 5 tahun. Setiap sore dan malam badannya selalu gatal dan di sertai benjolan di sekitar tubuh. Tapi lebih parahnya di sekitar dahi benjol nnya menonjol dan di rasa sangt bantal. Kira" Penyebabnya apa ya dok? Dan cara mengatasi ny bagaimana? Apakah ini penyakit serius atau tidak? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DIL.

Gatal disertai benjolan dapat disebabkan oleh berbagai masalah pada kulit. Masalah tersebut dapat berupa alergi, iritasi hingga infeksi. Salah satu yang sering terjadi adalah kondisi alergi yang disebut dengan biduran.

Biduran sendiri merupakan reaksi kulit akibat berbagai faktor pemicu yang membentuk ruam berupa benjolan dipermukaan kulit. Benjolan tersebut dapat disertai dengan kemerahan dan terasa gatal. Dalam istilah medis biduran dikenal dengan sebutan urtikaria. Umumnya faktor pemicu utamanya adalah reaksi alergi. Namun, selain alergi masih terdapat berbagai faktor lainnya yang dapat memicu biduran, seperti tekanan kencang pada kulit seperti ikatan, suhu tertentu, sengatan serangga, garukan, infeksi, makanan atau minuman tertentu, stres, olahraga hingga cahaya matahari.

Adapun cara untuk mengatasinya yang meliputi :

  • menghindari faktor pencetusnya jika telah diketahui
  • mengoleskan lotion calamine pada ruam dan bentol 
  • menggunakan bedak salisil
  • mandi menggunakan air yang telah dicampur dengan baking soda setiap sore hari
  • mengonsumsi obat anti histamin yang diresepkal oleh dokter
  • meningkatkan imunitas tubuh dengan pola makan sehat dan jika perlu mengonsumsi vitamin C
  • dan cara alami lainnya

Apabila keluhan biduran pada adik Anda terlalu sering kambuh, maka ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung pada dokter Kulit.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lakukan cara membasmi ulat bulu yang efektif agar hewan ini tidak muncul lagi

Cara Membasmi Ulat Bulu yang Alami, Apa Saja?

Cara membasmi ulat bulu bisa dengan bawang putih hingga cabai untuk mencegahnya kembali lagi. Selain itu, Anda juga perlu tahu pertolongan pertama jika terpapar ulat bulu.