Masih gatal walau sudah minum obat antialergi, bagaimana solusinya?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 18 Tahun
Dok saya sudah gatal gatal selama 1bulan lebih dan sudah meminum obat anti alergi tapi tatap saja gatal sampe sekarang gimana cara mengatasi nya lagi ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Gatal adalah suatu kondisi yang membuat seseorang refleks ingin menggaruk. Gatal bisa dirasakan di bagian tubuh mana saja. Penyebab gatal bisa bervariasi, seperti alergi, infeksi jamur, infeksi bakteri, gigitan serangga, maupun kondisi autoimun.

Apabila Anda telah mengonsumsi obat antialergi tetapi tetap merasa gatal, bisa jadi penyebab gatal Anda bukan alergi, melainkan hal lain yang telah disampaikan di atas. Beberapa kondisi yang menyebabkan gatal lebih dari satu bulan adalah neurodermatitis, psoriasis, serta infeksi jamur kronis.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mengetahui penyebab gatal Anda secara pasti. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang yang diperlukan, misalnya mengamati sel kulit di bawah mikroskop. Setelah jelas diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan terapi yang sesuai. 

Secara umum, Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Mandi dua kali sehari dengan sabun di bawah air mengalir
  • Menjaga kondisi kulit agar tidak lembab dan berkeringat
  • Menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan menyerap keringat
  • Menghindari menggaruk, karena berpotensi memicu infeksi sekunder
  • Mengoleskan bedak salisil atau lotion calamine

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lakukan cara membasmi ulat bulu yang efektif agar hewan ini tidak muncul lagi

Cara Membasmi Ulat Bulu yang Alami, Apa Saja?

Cara membasmi ulat bulu bisa dengan bawang putih hingga cabai untuk mencegahnya kembali lagi. Selain itu, Anda juga perlu tahu pertolongan pertama jika terpapar ulat bulu.