Bagaimana mengatasi alergi akibat cat rambut?

FA Info Penanya: FA
Dok saya mau nnya apa obat alergi habis pewarnaan rambut yg membengkak tolg dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Alergi akibat pewarnaan rambut sering sekali terjadi pada kebanyakan orang. Biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat alergi sebelumnya, sensitif terhadap zat kimia, dan memiliki kulit kepala yang sensitif. Untuk itu, sebelum menggunakan produk cat rambut, biasanya akan dilakukan tes alergi terlebih dahulu terhadap cat tersebut. 

Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa gatal di kulit kepala, melepuh, merah, mata bengkak, dan kadang reaksi alergi ini menyebar hingga ke leher. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan pengobatan untuk alergi seperti obat antihistamin, obat kortikosteroid, dan menghilangkan cat rambut.

Obat antihistamin dan kortikosteroid merupakan obat golangan keras. Jadi, untuk pemakaiannya harus dibawah pengawasan dokter. Sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan ke dokter langsung agar dapat diperiksa lebih lanjut dan diberikan obat-obatan ini dengan dosis yang tepat sesuai dengan kondisi Anda sekarang. Jadi, alergi Anda ini bisa teratasi dengan tepat dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk meredakan gejala alergi di kepala. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

7 Penyakit yang Bisa Membuat Hidung Tersumbat, Walau Tidak Pilek

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau flu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. Ada 7 penyakit yang bisa sebabkan hidung tersumbat tidak pilek.