Kenapa telapak tangan anak merah, bengkak dan sakit?

MI Info Penanya: MI, Wanita, 1 Tahun
Telapak tangan dan kaki anak usia 4 tahunMerah, bengkak, sakit dan terasa hangat, kenapa dok.??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MI,

Telapak tangan yang tampak merah, bengkak, sakit dan terasa hangat adalah tanda adanya peradangan pada area tersebut. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari adanya luka, adanya iritasi pada kulit, adanya infeksi kulit, gigitan atau sengatan binatang, adanya cedera dan gangguan baik pada tulang, otot ataupun persendian bisa karena benturan ataupun terjatuh dan kondisi lainnya.

Untuk itu perlu perhatikan apa yang menjadi pemicunya, jika bengkak cukup luas dan besar sementara bisa berikan kompres dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkaknya. Bisa juga berikan paracetamol untuk meredakan nyeri yang dirasakan.

Perhatikan ada tidaknya ruam kulit yang timbul. Periksakan segera anak jika bengkak tidak juga membaik ataupun rasa nyeri semakin hebat, agar bisa dipastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti misalnya foto rontgen untuk menilai apa yang menjadi penyebab bengkak dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Moonface adalah penyakit yang disebabkan oleh pelepasan hormon kortisol tinggi.

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Moon Face

Moon face adalah kondisi yang terjadi ketika lemak menumpuk di sisi wajah seseorang. Akibatnya, wajah akan terlihat bulat seperti bulan, bahkan telinga tak terlihat, jika dilihat dari depan.