Anak alergi mudah infeksi?

CA Info Penanya: CA, Wanita, 24 Tahun
selamat pagi dokter,dok anak saya mempunyai riwayat alergi pencernaan..saya sudah sangat menjaganya mulai dari asupan makanan yang benar meliputi buah dan sayur2an dan melarangnya memakan makann seperti cokelat,permen,ciki ...tapi kenapa anak saya sangat mudah terserang penyakit seperti radang dan pilek ya dok?apakah ada penyembuhan secara alami untuk anak saya yang mempunyai riwayat alergi pencernaan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CA, 

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Jika dokter mengatakan bahwa anak Anda alergi, perlu diketahui secara lebih detail mengenai makanan yang membuat alergi tersebut. Agar benar-benar menghindari makanan yang tepat. Namun yang menjadi dilema, sampai level tertentu, anak perlu dichallenge untuk mengonsumsi makanan tersebut agar terjadi desensitasi atau membiasakan diri dengan makanan tersebut.

Anak dengan alergi memang lebih rentan terkena infeksi karena respons tubuhnya terhadap bakteri atau virus yang berbeda dengan anak tidak alergi. Untuk mencegah anak terkena infeksi, jaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, jangan membiarkan anak terpapar asap rokok, dan lakukan imunisasi.

Sampai saat ini memang tidak ada obat untuk menghilangkan alergi, hanya mengatasi gejala-gejala yang muncul. Dalam banyak kasus, alergi ini akan menghilang saat beranjak dewasa, walaupun ada juga yang tidak. Kunjungi dokter anak yang mendalami khusus mengenai alergi imunologi agar Anda tahu mengenai rencana pengobatan yang paling tepat untuk anak Anda.

Semoga jawaban saya bisa membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika Pawitri

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CA
20 Feb 2020, 15:35
Terimakasih banyak dokter atas respon baliknya,itu sangat membantu saya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

WHO mencatat ada lebih dari 70 makanan yang menyebabkan alergi

Sering Alergi, Efektifkah Mengetahui Pemicunya dengan Tes Alergi?

Alergi adalah reaksi alami sistem imun manusia bereaksi terhadap asupan makanan tertentu. Untuk mengetahui apabila terkena alergi atau tidak, tes alergi dapat dilakukan.