Apakah alergi paracetamol?

SU Info Penanya: SU, Pria, 27 Tahun
Sehabis minum obat yang mengandung paracetamol hidung saya langsung tersumbat, apakah saya alergi paracetamol, Dok?? Baru 2 kali terjadi.. Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Hidung tersumbat adalah kondisi yang bisa timbul karena beberapa penyebab baik karena reaksi alergi, adanya gangguan pada hidung seperti akibat peradangan dinding hidung atau rhinitis, flu, infeksi saluran napas, adanya polip ataupun jika terjadi peradangan sinus atau sinusitis.

Apabila setelah minum obat seperti parasetamol mengalami hidung tersumbat, perlu diperhatikan lagi. Apabila diminum ketika kondisi kesehatan sedang menurun seperti menjelang flu misalnya, kondisi hidung tersumbat bisa mungkin bukan karena alergi obat. Tetapi jika keluhan hidung tersumbat selalu terjadi ketika mengonsumsi parasetamol seperti misalnya jika mengonsumsi parasetamol ketika sakit kepala tanpa gejala flu maka bisa mungkin terdapat reaksi alergi.

Cara mengatasi hidung tersumbat

Untuk meredakan hidung tersumbat sendiri bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Menghindari pemicu hidung tersumbat seperti paparan debu, udara dingin, polusi, asap kendaraan, asap rokok, bahan kimia tertentu, bulu hewan dan lainnya
  • Mengonsumsi obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
  • Mencuci hidung dengan air garam
  • Menggunakan masker dan rajin mencuci tangan
  • Perbanyak minum air putih
  • Menghirup uap hangat atau mandi air hangat

Apabila sering mengalami hidung tersumbat dan sering kali kambuh, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis THT. Nantinya akan dipastikan apa yang jadi pemicu hidung tersumbat dan akan ditangani baik dengan pemberian obat ataupun jika memerlukan tambahan penanganan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung bau saat bernapas dapat disebabkan oleh polip hidung yang tumbuh.

9 Penyebab Hidung Bau Saat Bernapas

Hidung bau saat bernapas bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, salah satunya sinusitis. Jangan salah, ternyata bau tak sedap ini bisa datang dari dalam rongga hidung.