Cara mengatasi demam pada anak selain obat paracetamol dan ibuprofen?

RI Info Penanya: RI
Dokter anak saya Alergi paracetamol sejak usia 3y, sekarang anak saya usia 5,4y. Saya ingin bertanya1. Apakah alergi obat itu bisa hilang?2. Berapa lama baiknya ibu profen diberikan ? misalnya anak saya sakit 4 hari berarti selama 4 hari mengkonsumsi ibu profen 3x sehari. Apakah itu tidak apa2 ? Karna saya pernah dapat informasi ibu profen itu sebenarnya tidak baik.3. Adakah pengganti obat demam atau panas tinggi selain ibu profen dan paracetamol yang bagus dan aman?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Paracetamol dan ibuprofen adalah obat yang bisa digunakan sebagai pereda nyeri dan penurun demam baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Walaupun kedua obat ini memiliki fungsi yang sama, tapi tetap memiliki perbedaan. 

Paracetamol adalah obat golongan analgesik yang dapat digunakan oleh semua kalangan termasuk ibu hamil, menyusui dan anak-anak diatas usia 2 bulan. Obat ini cenderung aman digunakan. Tetapi, bisa juga menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, dan alergi. 

Ibuprofen adalah obat yang termasuk golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri, demam, dan juga peradangan. Obat ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak kecuali ibu hamil dan menyusui. Untuk anak-anak, penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Ibuprofen juga memiliki efek samping yaitu gangguan pencernaan, ruam, alergi, nafsu makan yang berkurang, sakit kepala, dan gagal ginjal. 

Jika Anak Anda alergi terhadap paracetamol, sebenarnya tidak masalah jika diberikan ibuprofen saat demam. Baik ibuprofen ataupun paracetamol sama-sama baik. Tidak ada yang buruk asalkan pemakaiannya di bawah pengawasan dokter yang menangani anak Anda. 

Alergi paracetamol pada anak Anda bisa saja hilang, tetapi bisa juga menetap. Itu semua terrgantung dari kondisi tubuhnya nanti saat beranjak dewasa. 

Sejauh ini, tidak ada obat penurun panas yang lain dan aman dibanding paracetamol dan juga ibuprofen. Tetapi, Anda bisa gunakan bahan alami berikut ini untuk menurunkan demam pada anak Anda, yaitu jahe, echinacea, bawang merah, chamomile, lemon dan madu, air kelapa, lidah buaya, peppermint, sayur dan buah, serta mandi air hangat. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi diare pada bayi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

Penyebab Diare pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Diare pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal. Cara mengatasinya adalah dengan obat antidiare, larutan rehidrasi oral, atau selalu menjaga popok bayi selalu bersih.