28 Dec 2020, 07:59Kulit & Kelamin

Alergi obat kapan sembuhnya?

LK
Info Penanya: LK0
hallo, setelah saya minum obat dalam 2 hari timbul ruam merah, hari ke 3 seperti biduran, saya sudah tidak minum obatnya lagi, saya diresepkan obat antihistamin. berapa lama alergi obat akan hilang ?
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang LK,Ruam kemerahan di kulit tentu bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak semata-mata dari alergi obat saja. Terlebih bila keluhan timbulnya ruam-ruam tersebut disertai dengan keluhan demam. Biasanya bila seseorang mengalami alergi obat maka akan muncul ruam-ruam kemerahan, gatal beberapa jam setelah obat di minum. Namun pada reaksi alergi yang lambat keluhan bisa muncul setelah beberapa hari kemudian.

Penyebab munculnya ruam-ruam merah di kulit:

  • Alergi obat.
  • Campak. Keluhan ditandai dengan demam dan merah-merah di seluruh badan serta ada keluhan batuk atau mata berair.
  • Demam berdarah.
  • Alergi makanan.
Bila Anda benar mengalami alergi obat dan sudah minum obat golongan antihistamin untuk meredakan alerginya, maka seharusnya keluhan akan membaik ketika obat yang menyebabkan Anda alergi dihentikan. Biasanya keluhan akan hilang total dalam waktu 2 harian. Namun pada reaksi alergi yang parah memang sembuhnya membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk membantu meredakan alerginya, kompres bagian yang gatal menggunakan es batu dan oleskan bedak salisil agar tidak gatal. Jangan mandi menggunakan air hangat.Anda perlu mengingat obat-obat apa saja yang sekiranya menyebabkan Anda alergi agar tidak terulang di kemudian hari. Bila muncul keluhan sesak napas, atau wajah bengkak sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit terdekat.Salam sehat,dr. Vina
campakalergi obatalergi seafood
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil