Alergi makanan apakah bisa disembuhkan?

IR Info Penanya: IR
Dok apakah penyakit alergi makanan dari telur, daging ayam, daging kambing, daging sapi bisa di sembuhkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Alergi merupakan suatu reaksi yang terjadi pada tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh merespon alergen seperti benda asing yang akan menyerang tubuh dan menimbulkan gejala tergantung dari lokasi timbulnya alergi.

Pada kondisi berat, sistem tubuh bisa bekerja ekstra dan menimbulkan reaksi alergi berat yang disebut dengan reaksi atau syok anafilaktik yang bisa mengancam nyawa. Hal ini bisa mungkin dipicu oleh segala jenis alergi, termasuk alergi makanan salah satunya alergi kacang.

Jika pertanyaannya apakah alergi makanan bisa sembuh total, maka tidak ada jawaban pasti. Karena tubuh sudah mengenali paparan dari makanan terutama protein dari makanan tersebut sebagai ancaman, maka setiap mengonsumsi makanan tersebut dapat menimbulkan gejala atau reaksi alergi. Untuk bisa menghilangkannya diperlukan perubahan menyeluruh pada proses respon kekebalan tubuh dimana hal ini yang masih belum bisa sepenuhnya dilakukan.

Jadi jika memang memiliki alergi makanan ada baiknya bisa melakukan tes alergi, sehingga bisa mengetahui zat apa saja yang bisa memicu timbulnya reaksi alergi agar bisa mencegah timbulnya gejala ataupun mencegah terjadinya reaksi alergi berat sampai syok anafilaktik. Periksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi dan imunologi untuk lebih lanjutnya.

Jika memiliki alergi makanan ada baiknya bisa membawa persediaan obat anti alergi kemana pun sehingga ketika timbul reaksi alergi bisa segera diatasi tapi tetap yang utama hindari makanan pencetus alerginya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lakukan cara membasmi ulat bulu yang efektif agar hewan ini tidak muncul lagi

Cara Membasmi Ulat Bulu yang Alami, Apa Saja?

Cara membasmi ulat bulu bisa dengan bawang putih hingga cabai untuk mencegahnya kembali lagi. Selain itu, Anda juga perlu tahu pertolongan pertama jika terpapar ulat bulu.