Alergi kacang dan udang, bagaimana cara mengatasinya?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang dok, aku mau tanya kenapa ya dok kulit saya tiba-tiba merah dan bentol-bentol terutama di wajah saya. Seingat saya terakhir saya cuma makan kacang dan udang. Apa itu bikin saya alergi ya dok? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Muncul bentol-bentol kemerahan di wajah yang terjadi secara mendadak bisa disebabkan oleh alergi, iritasi kulit akibat pemakaian produk kecantikan, atau gigitan serangga. Makanan yang sering menimbulkan alergi adalah telur, kacang, berbagai jenis seafood, kacang, coklat, ikan, dll.

Yang perlu diperhatikan adalah kapan muncul keluhan tersebut, apakah sebelumnya sudah diketahui memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu atau hal lain seperti bulu binatang, serbuk bunga, cuaca dingin yang juga dapat merangsang munculnya rasa gatal dan ruam kemerahan.

Bila Anda sebelumnya sudah mengetahui memiliki alergi tertentu misal seafood, dan tidak sengaja memakannya, maka segera minum obat golongan antihistamin untuk meredakan reaksi alergi yang akan/ sudah muncul. Bila sudah muncul ruam kemerahan dan gatal, oleskan bedak salisil atau calamine lotion.

Bila ruam kemerahan gatal disertai dengan wajah yang bengkak, sesak napas, segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau dokter terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Yang terpenting adalah menghindari faktor pemicu munculnya alergi.

Salam sehat,

dr. Vina

L
20 Nov 2019, 11:40
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak kayu putih bisa meredakan gatal dan bentol pada kulit akibat alergi dingin

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin timbul akibat reaksi kulit terhadap udara dingin, air dingin, benda yang dingin, dan makanan maupun minuman yang dingin. Akan tetapi, alergi dingin yang paling umum terjadi yaitu karena udara dingin. Tanda-tanda alergi dingin biasanya adalah kulit kemerahan, pusing, tangan bengkak, gatal, dan bentol-bentol.