alergi ikan tongkol dan solusi menyembuhkan alergi dan gatal

FA Info Penanya: FA, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya,.. Sebelumnya saya kan alergi dengan ikan tongkol. Setiap kali makan pasti bibir akan membengkak merah dan gatal. Nah beberapa waktu lalu saya berlibur ke pantai dan makan ikan tuna. Alhasil gatal saya kambuh tapi kambuh yang satu ini gatal memerah kesekujur tubuh dok.. Terus berobat sembuh, kemudian saat sudah sembuh saya makan ayam dan telur kenapa bisa kambuh dan bisa jadi saya alergi sama daging ayam dan telur ya dok.? Padahal sebelum kambuh yang makan tuna itu saga makan ayam dan telur baik" saja. Solusi untuk menyembuhkan alergi dan gatal" pada muka saya dok? Selain harus menghindari makanan tersebut.. Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FA

Reaksi alergi pada tubuh terjadi ketikan adanya alergen masuk ke tubuh yang memicu reaksi hipersensitifitas type 1, yang pada akhirnya menimbulkan tanda seperti bengkak kemerahan disertai gatal di tubuh, sesak nafas,  mual muntah atau mencrest saat zat alergen tersebut masuk.

Konsumsi makanan seperti ikan tongkol, ayam, telur pada beberapa orang terbukti memicu reaksi alergi, sehingga solusi terbaik adalah menghindari agar tidak terjadi reaksi alargi.

Sebuah reaksi alergi juga dapat dikotrol dengan beberapa latihan olahraga agar tubuh bugar, istirahat yang cukup dan hindari stress. Selain itu penggunaan obat golongan antihistamin seperti loratadi n terbukti menekan rasa gatal dan bengkan akibat histamin release, pada pasien alergi juga dapat diberikan antiinflamasi kortikosterid.

Reaksi alergi dapat berkurang seiring bertambahnya usia, jika terdapat pembengkakan seluruh tubuh ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Salam sehat 

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.