Alergi dingin apa bisa sembuh?

J Info Penanya: J, Pria, 2019 Tahun
Halo dok, saya laki 28th karyawan swasta, saya di diagnosa alergi kalo cuaca dingin saya bersin2, saya mengkonsumsi cetrizine untuk mehilangkannya dok, saya konsumsi kadang pas lagi dapat bersin2, kadang bisa 1x1 kadang bisa lebih kadang ga minum. Apa efeknya jika saya konsumsi jangka panjang dok? Ada alternatif lain selain minum obat ga? Bisa sembuh ga alergi saya dok? Ternyata
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang J,

Alergi merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh seseorang dan sayangnya hal ini tidak dapat dihilangkan atau disembuhkan secara total. Yang dapat dilakukan hanyalah menjaga agar keluhan alergi tidak sering muncul dan mengatasi ketika alergi tersebut sudah muncul. Ada beberapa macam alergen seerti makanan, debu, cuaca dingin, bulu binatang, serbuk bunga, dll. Pada kasus Anda, Anda mengalami alergi terhadap cuaca dingin. 

Cetirizine hanyalah obat untuk mengurangi reaksi alergi, dan cukup diminum 1 kali dalam sehari. Bila Anda mengalami reaksi alergi yang parah meskipun sudah mengonsumsi cetirizine, Anda dapat menambahkan obat golongan kortikosteroid namun sebaiknya harus dalam pengawasan dokter.

Selain bergantung pada obat, Anda harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara perbanyak asupan sayur dan buah, istirahat secara teratur, olahraga setiap hari selama 30 menit, dan yang terpenting adalah menghindari alergen dengan cara menggunakan jaket, atau mengatur suhu ruangan agar jangan terlalu dingin.

Bila keluhan alergi disertai sesak napas, muka bengkak maka lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit sesegera mungkin.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep eksim dengan kandungan yang tepat bisa membantu dalam mengurangi gejala eksim

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim atopik dapat menimbulkan gejala gatal-gatal, dari yang ringan sampai gatal yang hebat. Untuk mengatasinya, tersedia salep eksim dengan kandungan bahan aktif yang berbeda-beda. Bagaimanakah cara memilih salep yang tepat berdasarkan tingkat keparahan gejala eksim?