Alergi di kulit ditambah dengan nanah, bagaimana pengobatanya?

IR Info Penanya: IR
Alergi bintik bintik merah di kulit, dan kadang seperti mengeluarkan air atau nanah gitu, bagaimana cara penyembuhan nya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Alergi adalah respon dari sistem kekebalan tubuh manusia yang dikenal dengan sistem imun terhadap benda tertentu saat benda itu didekatkan /kontak langsung dengan kita, dimana pada kondisi normal seharusnya tidak memberikan efek tertentu dari tubuh kita. Reaksi yang muncul diantaranya adalah sesak nafas, kulit gatal, kemerahan, dan bahkan bengkak pada sebagian atau seluruh tubuh.

Penyebab alergi dipengaruhi oleh tingkat sensitifitas respon sistem imun seseorang terhadap suatu benda yang menyebabkan alergi (istilah medisnya Alergen) dimana reaksinya berbeda-beda pada tiap orang bisa ringan ataupun berat. Pada beberapa kasus contoh alergen pada umunya adalah debu, kacang, gigitan serangga, bulu hewan peliharaan, beberapa makanan semisal seafood, obat-obatan dan lain-lain.

Gejala alergi yang muncul bervariasi dan berbeda tiap orang. Untuk kasus Anda muncul kemerahan dan disertai air pada awalnya, namun seiring rasa gatal kebanyakan pasien menggaruk area tersebut dan mengakibatkan infeksi bakteri sehingga timbul nanah di kulit.

Beberapa tips yang perllu dilakukan untuk menghindari reaksi yang berlebihan adalah hindarilah faktor penyebab alergi bagi Anda dan apabila terasa gatal jangan sering menggaruk untuk menghindari infeksi pada kulit terutama saat tangan belom steril/bersih saat menggaruk. Dokter akan memberikan obat antialergi, seperti Antihistamin dan juga obat jenis Kortikostreroid untuk meredakan gejala. Konsultasikan ke dokter bila keluhan Anda sering timbul atau bahkan memburuk untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang tua dan guru bisa bantu hilangkan stigma buruk tentang anak dengan albinisme.

3 Tips Ampuh untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak dengan Albinisme (Albino)

Mendapatkan perlakuan yang berbeda dari lingkungan sekitar, bisa membuat anak dengan albinisme menjadi kurang percaya diri, saat ingin berkomunikasi dengan teman sebaya. Sebagai orangtua dan orang terdekatnya, Anda bisa lakukan ketiga tips ini untuk tingkatkan rasa percaya diri mereka.