Kenapa anak saya alergi ASI?

AY Info Penanya: AY
Dok sayama tanya kenapa anak saya alergi sama asi ya ,padahal anak saya yg pertama baik² saja tetapi anak saya yg kedua tidak bisa menerima asi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AY,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi yang mendukung tumbuh kembangnya. Pada umumnya ASI tidak akan menyebabkan alergi pada bayi, sebenarnya yang terjadi adalah bayi mengalami rekasi alergi akibat makanan atau minuman yang di konsumsi ibu. Gejala yang menunjukan bayi alergi adalah muntah terus menerus, timbul ruam kemerahan pada kulit, diare, dan hingga sesak napas.

Beberapa makanan yang perlu dicermati karena dapat terserap ke ASI dan membuat alergi pada bayi :

  1. Minuman berkafein
    Konsumsi lebih dari 2 cangkir kopi dapat mempengaruhi jam tidur bayi.
  2. Susu sapi
    Alergi susu sapi dialami 2-6% bayi. Jika ibu mengkonsumsi susu sapi dan bayi Anda timbul alergi sebaiknya ibu berhenti mengkonsumsi susu sapi.
  3. Ikan bermerkuri tinggi
    Ikan atau seafood merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Namun ikan laut yang hidup tidak jauh di dalam laut berisiko memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Sebaiknya jangan terburu-buru Anda menyimpulkan bayi Anda alergi terhadap ASI hingga berhenti menyusui. Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter Anak atau mengganti makanan atau minuman Anda agar ASI Anda tidak menyebabkan alergi pada bayi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya jarang BAB karena ASI terserap secara sempurna

Jangan Heran, Bayi ASI Jarang BAB Itu Wajar

Frekuensi bayi buang air berbeda-beda, ada yang beberapa kali dalam sehari. Namun, bayi ASI jarang BAB karena kandungan dalam ASI bisa terserap sempurna.