Alergi antibiotik

SB Info Penanya: SB, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mao bertanya nihh..adik saya alergi antibiotik tetapi butuh asupan anti biotik.apakah ada obat antibiotik untuk alergi antibiotik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi P,

Berdasarkan keluhan yang adik anda alami. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat antibiotik yang tersedia biasanya berbagai macam dan berbeda kegunaannya. Reaksi alergi antibiotik biasanya terjadis setelah mengkonsumsi antibiotik. Reaksinya membuat kulit menjadi merah, gatal, kering, dan bengkak. Jika reaksi alergi terjadi setelah minum antibiotik disarankan untuk mengingat antibiotik jenis apa. Apabila tidak diketahui, biasanya dokter dapat menyarankan tes alergi berupa pemeriksaan darah, uji tempel atau tes tusuk terhadap antibiotik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menstop antibiotik yang menimbulkan alergi dan menganti antibiotik tersebut dengan antibiotik yang lain yang memilik fungsi sama tetapi tidak menimbulkan alergi.

Jika alergi sudah terjadi, biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin, epinephrine dan kortikosteroid. Untuk obat mana yang cocok dengan  keluhan, sebaiknya dikonsulkan kedokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus mole merupakan suatu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri

Benarkah Ulkus Mole Kebal Terhadap Antibiotik?

Ulkus mole atau chancroid merupakan suatu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophilus ducreyi. Pengobatan ulkus mole yang utama adalah antibiotik, namun kini banyak ditemukan resistensi antibiotik dalam pengobatan ulkus mole. Untuk mencegah resistensi ulkus mole, Anda harus menghabiskan antibiotik sesuai pesan dokter.