Keluar nanah dari alat kelamin, karena apa?

AS Info Penanya: AS, Pria, 38 Tahun
dok saaya mau tanya, penis saya keluar nanah tapi bukan pada lubang kencing keluar nanah pada leher bawah, seperti luka persih dibawah lehernya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Penis yang keluar nanah adalah salah satu gejala yang timbul disebabkan oleh infeksi di uretra atau saluran kemih, penyebabnya bisa karena bakteri, virus, ataupun infeksi menular seksual.

Jika sebelum gejala timbul ada riwayat berhubungan seksual, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan urine dan pemeriksaan sampel cairan nanah tersebut untuk mencari tahu penyebabnya.

Hindari mengobati diri sendiri agar tidak terjadi risiko efek samping obat ataupun resistensi bakteri terhadap obat yang diberikan. 

Beberapa hal lain yang perlu dilakukan lainnya diantaranya:

  • Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh
  • Perbanyak minum air putih dan tidak menahan keinginan berkemih
  • Segera periksakan diri
  • Bersihkan pakaian dan pakaian dalam lebih sering

Jika nanti sudah diketahui penyebabnya, maka perlu dihindari agar tidak terulang lagi. Karena jika berulang bisa berpengaruh pada organ reproduksi dan juga bisa menularkan pada pasangan seksual. Jadi ada baiknya juga dilakukan pemeriksaan pada pasangan jika sudah menikah dan aktif berhubungan seksual.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Gejala infeksi saluran kemih (ISK) merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, ISK pada saluran kemih bagian atas bisa berbahaya. Salah satu gejala infeksi saluran kemih ialah keinginan buang air kecil terus menerus. Selain mengonsumsi antibiotik, langkah pencegahan infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menyeka air dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus ke vagina dan uretra.