Alat vital gatal dan berair

RO Info Penanya: RO, Pria, 2019 Tahun
Alat vital saya kenapa sering gatal ya dok, kadang sampe gk ketahan gatalnya awalnya ampe berair terus saya kasih salep mycoral, mendingan tapi gatalnya masih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RO

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Suatu benjolan dapat muncul di daerah penis dan pangkal paha karena berbagai alasan. Biasanya tidak berbahaya, tetapi ada juga yang disebabkan oleh infeksi menular seksual yang bisa mengakibatkan gatal, nyeri, luka atau gangguan kulit yang tidak biasa. Yang paling sering dan tidak berbahaya yaitu :

  • kista : benjolan keras atau berisi cairan, tidak sakit, mungkin sensitif, semakin besar dengan waktu. Bila pecah, bisa terasa nyeri atau terinfeksi. 
  • Jerawat : minyak atau kotoran terperangkap dalam pori kulit. Bila bakteri berkumpul dapat menyebabkan nanah. 
  • rambut yang tumbuh ke dalam. Terjadi karena saat rambut pendek (setelah dicukur) melengkung kembali ke dalam tempatnya tumbuh. Dapat terasa gatal dan berisi cairan atau nanah. Bila sudah terinfeksi bisa memerlukan terapi antibiotik.

Infeksi Menular Seksual

Benjolan muncul pada penis atau kulit sekitarnya bisa karena tertular akibat seks baik oral, genital atau anal tanpa menggunakan kondom dengan seseorang yang terinfeksi.

Herpes : infeksi virus yang menyebabkan gatal dan kulit melepuh akibat virus herpes simplex

Sifilis : infeksi bakteri yang dapat menyebabkan ruam dan luka yang nyeri

Genital Warts : pertumbuhan yang menumpuk seperti kembang kol yang disebabkan Human Papillomavirus (HPV)

Molluscum contagiosum : infeksi kulit akibat virus yang menghasilkan benjolan kecil, berkilau, berisi zat seperti lilin.

 

Anda menggunakan salep untuk jamur dan belum tentu sesuai untuk gangguan kulit anda. Sebaiknya konsultasi saja dengan dokter untuk memastikan diagnosanya dan mendapat terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.