28 Mar 2020, 22:55Pernapasan

Alat uap apakah bisa dipakai bersama?

TB
Info Penanya: TB, Pria, 26 Tahun
Malam dokter, saya mau tanya, saya kan punya alat uap, nah alat uap nya itu udh di pinjem sama sodara saya, sebener nya boleh tidak sih dok, Tapi alat mesin doang dokter, Klo sungkup nya mah tidak dokter, Mohon advice ya dokter
9768 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi TB,Nebulizer atau alat uap adalah alat yang digunakan untuk memberikan terapi inhalasi untuk mengatasi gangguan pernapasan. Obat ini bekerja dengan cara merubah cairan obat menjadi uap air sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan bisa lebih mudah masuk ke saluran pernapasan.

Nebulizer dapat digunakan bersama dan berulang dengan syarat dan ketentuan.

Penggunaan alat nebulizer ini bisa digunakan bersama tetapi apabila ada penyakit pernapasan yang menular seperti misalnya Tuberculosis, atau seperti penyakit wabah yang bisa menular dari saluran pernapasan maka perlu dihindari pemakaian bersama.Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan:
  • Jika sebelumnya dipinjam dan tidak ada penyakit menular, tapi digunakan misalnya untuk asma atau penyakit paru obstruktif kronis maka tidak apa.
  • Tapi perlu dilakukan pembersihan dan pergantian selang dan sungkupnya agar tidak dipakai bersama.
  • Perlu rajin membersihkan chamber atau tempat mengisi cairan obat dengan dicuci bersih menggunakan sabun
  • Bisa dilakuakn proses disinfeksi pada alat nebulizer.
Bisa juga dilakukan pembersihan pada alat dengan cairan disinfectan agar alat juga menjadi bersih, tapi baiknya bisa membaca petunjuk pembersihan alat lebih lanjut. Yang paling utama jika ada penyakit menular hindari pemakaian bersama dan hindari penggunaan sungkup dan selang bersama.Lakukan juga pemeriksaan berkala dan hindari sembarangan menggunakan obat inhalasi tanpa anjuran dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asmagangguan pernapasanppok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil