Bagaimana cara konsumsi pil kontrasepsi darurat yang benar?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya pengantin baru. Tapi tidak ingin hamil dulu, tadi siang saya melakukan hubungan tetapi lupa memakai alat kontrasepsi dan keluar di dalam sedikit sedikitnya lagi di luar. Apakah dengan saya mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat dapat mencegah kehamilan? Nah tanggal 16 nanti harusnya saya haid. Apakah dengan mengkonsumsi pil tersebut saya tetap haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SN.

Kontrasepsi adalah metode yang dilakukan pasangan suami istri untuk mengatur waktu kehamilan. Ada dua jenis kontrasepsi yang dikenal, yaitu kontrasepsi alami (pantang berkala, sanggama terputus) dan kontrasepsi buatan (kondom, suntik, pil, IUD, dan lain-lain). Pil kontrasepsi darurat juga termasuk kontrasepsi buatan.

Sesuai namanya, pil ini bisa digunakan apabila keadaan 'darurat'. Misalnya, ketika pasangan yang menggunakan kontrasepsi alami salah menghitung masa subur, atau ketika kondom yang digunakan bocor. Pil kontrasepsi darurat mengandung levonorgestrel, yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur dari ovarium sehingga sel telur tidak bisa dibuahi. Selain itu, pil ini juga mengubah kekentalan lendir rahim sehingga sperma tidak dapat bertahan hidup.

Cara mengonsumsi pil ini yang benar adalah maksimal 72 jam setelah melakukan hubungan seksual. Efektivitas pil adalah 95%, yang artinya ada 5% kemungkinan gagal dan kehamilan tetap terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunggu tanggal 16 tiba. Jika Anda belum haid, Anda dapat melakukan testpack.

Sebagai saran tambahan, Anda bisa membicarakan dengan suami untuk menggunakan kontrasepsi lain yang lebih efektif jika ingin menunda kehamilan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kontrasepsi yang tepat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara agar perempuan PCOS bisa hamil adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal

Adakah Kemungkinan Perempuan dengan PCOS Bisa Hamil?

PCOS atau sindrom polikistik ovarium terjadi karena ketidakseimbangan hormon.Perempuan dengan PCOS bisa hamil asal tahu betul bagaimana menjaga berat badan serta menghindari kemungkinan komplikasi.