31 Oct 2020, 23:02Kulit & Kelamin

Terdapat luka dari alat kelamin

MT
Info Penanya: MT, Pria, 21 Tahun
selamat malam dok, mohon maaf, yg saya rasakan saat ini, di Mr P saya , di ujung nya terdapat luka, mungkin dari gatal, akhir nya 3 hri ini keluar cairan warna kuning kental, semacam nanah, hari pertama terasa perih, hari kedua dan ketiga ini agak tidak terasa perih cuman masih keluar cairan itu, nah 3 hr sbelum kejadian itu, saya berhubungan sexsual.. bagaimana dok solusi nya?
251 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi MT,Luka pada alat kelamin adalah gejala yang bisa terjadi karena penyakit menular seksual terutama jika ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya. Beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebabnya terutama jika disertai keluarnya nanah dari penis adalah:
  • Infeksi saluran uretra akibat bakteri seperti uretritis gonore
  • Infeksi bakteri lain seperti penyakit sifilis
  • Herpes kelamin
  • Penyakit klamidia
Untuk itu perlu segera memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan urine, pemeriksaan sampel cairan nanah, pemeriksaan lab darah dan juga pemeriksaan lainnya. Dalam 3 minggu sampai 3 bulan setelah melakukan hubungan seksual juga perlu melakukan tes HIV karena bisa berisiko juga terjadi penularan infeksi HIV.Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh dan gunakan alat pengaman seperti kondom untuk mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual. Hindari mengobati diri sendiri dari hasil google untuk mengatasi keluhan yang Anda alami karena bisa berisiko terjadinya efek samping ataupun resistensi obat yang bisa membuat semakin sulit untuk dilakukan pengobatan nantinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit menular seksualgonorrheakencing nanahsifilis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil