Kenapa alat kelamin membengkak?

EA Info Penanya: EA, Pria, 16 Tahun
Selamat malam dok, alat kelamin (penis) saya membengkak namun tidak sakit, itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EA, 

Penis yang bengkak adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam penyebab seperti karena ereksi akibat rangsang seksual, adanya infeksi seperti balanitis terutama pada kepala penis, iritasi karena produk tertentu, adanya benjolan di penis, iritasi karena gesekan salah satunya karena onani, ataupun karena penyebab lain seperti reaksi alergi. 

Jadi ada baiknya dilakukan pemeriksaan terutama jika bengkak melebihi ukuran wajar, jaga juga kebersihan organ kelamin agar tidak terjadi gangguan kesehatan.

Hindari sembarangan menggunakan produk seperti misalnya produk yang menjanjikan pembesaran penis, dan juga hindari melakukan masturbasi atau onani yang kasar. Ceritakan keluhan pada orang tua agar diantar memeriksakan diri pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infkesi nosokomial adalah infeksi yang muncul akibat bakteri, kuman, maupun virus yang terdapat di rumah sakit

Mengenal Infeksi Nosokomial, Saat Rumah Sakit Jadi Sumber Penyakit

Infeksi nosokomial atau yang dapat juga disebut sebagai hospital-acquired infection adalah infeksi yang didapat di lingkungan rumah sakit akibat bakteri, virus, maupun jamur. Meski steril, rumah sakit rupanya masih bisa menjadi lokasi awal terjadinya penularan penyakit.