Alat diagnosa gangguan kecemasan apa efektif?

AF Info Penanya: AF, Pria, 21 Tahun
Apakah boleh mendiagnosa anxiety dengan alat Beck Anxiety Imventory yang sudah tersedia di jurnal ilmah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AF,

Kecemasan adalah rasa emosi yang wajar, namun bila kecemasan ini berlebihan hingga menimbulkan kegelisahan maka tentunya sudah tidak wajar, dan memerlukan bantuan dari ahlinya seperti psikiater.

Jenis-jenis gangguan kecemasan:

  • Generalized Anxiety Disorder (GAD)
  • Gangguan Panik/Panic Disorder
  • Fobia
  • Gangguan Kecemasan Sosial
  • Obsesive Compulsive Disorder (OCD)
  • Post-traumatic Stress Disorder (PTSD)

Beck Anxiety Inventory adalah metode pemeriksaan dini atau screening awal untuk menentukan ada tidaknya kecemasan pada seseorang. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Metode ini cukup efektif, namun tentu saja diagnosa pasti ditegakkan oleh seorang psikiater setelah Anda menjalani sesi tanya jawab, tidak bisa hanya berdasarkan jawaban dari tes tersebut saja.

Bila dari tes tersebut Anda mengalami kecemasan dan muncul gejala-gejala seperti mudah panik, dada berdebar tidak jelas, gelisah, gangguan tidur, dll maka lakukan konseling dengan psikiater untuk memastikan kondisi Anda agar bisa ditangani dengan baik.

Bila kecemasan Anda masih ringan, maka usahakan mengendalikan pikiran Anda dan cari kesibukan agar pikiran tidak melayang-layang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit OCD adalah obsesi ingin menyusun barang sesuai warna dan urutan tertentu

Kenali Lebih Jauh Penyakit OCD, agar Anda Tidak Salah Paham

OCD adalah obsessive compulsive disorder. Meski merupakan suatu penyakit, OCD lebih sering disematkan sebagai predikat dalam percakapan sehari-hari, untuk orang yang terlalu rapi atau bersih. Padahal, penyakit OCD tidak sesederhana itu.