11 Nov 2020, 14:17Kandungan

Keluar lendir disertai flek

MA
Info Penanya: MA0
Saya keluar darah warna merah muda stlh 2 hari entah 1 hari keluar darah warna coklat, keduanya disertai lendir dan berjumlah sdkt. Stlh itu saya mngeluarkan lendir mngkin keputihan berwarna putih bening aga banyak, setelah beberapa hari keluar lagi lendir namun warna putih susu. Itu knp ya dok? Tanda apa? Mohon penjelasannya
566 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MA,Flek cokelat adalah gejala yang bisa terjadi baik setelah haid, setelah berhubungan seksual, menjelang haid ataupun diluar siklus menstruasi lainnya. Penyebab keluarnya flek cokelat sendiri dapat beragam seperti diantaranya:
  • Tanda ovulasi atau saat masa subur, bisa disertai keluar keputihan yang lebih banyak
  • Faktor hormonal menjelang menstruasi
  • Tanda kehamilan
  • Efek samping alat KB
  • Masalah pada organ reproduksi seperti polip, endometriosis, kista
  • Infeksi pada vagina
  • Peradangan serviks
Untuk itu jika ada lendir keputihan yang lebih banyak, perlu diperhatikan juga. Jika ada perubahan warna dan konsistensi dari keputihan atau ada gejala tambahan seperti rasa gatal, bau khas dari kemaluan, nyeri saat buang air kecil maka bisa menandakan keputihannya mengalami infeksi. Perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk diberikan penanganan lebih lanjut.Jika ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya, perhatikan jika terlambat menstruasi bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack. Jika keluhan bertambah berat, ada kemungkinan lain seperti penyakit menular seksual yang perlu diperiksakan langsung pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
keputihanflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil