Apakah mengalami depresi atau bipolar?

NU Info Penanya: NU, Wanita, 18 Tahun
Dok saya sering bgt hampir setiap hari merasa ga percaya diri,nangis tapi gatau penyebabnya apa, bengong, cemas yg berlebihan,pengennya menyendiri terus, moodnya juga sering berubah ubah.klo seneng ya seneng bgt gitu perasannya.klo lg sedih bnr" nangis ampe kesegukan gitu tapi gatau penyebabnya apa.klo lg moodnya marah bnr" ga blh diganggu.sampai" aku ada kepikiran buat bunuh diri dan aku pernah minta ke tuhan untuk kirimin penyakit ke aku.semenjak itu tadinya ekstrovert jadi bnr" introvert bgt.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NU,

Kondisi kesehatan mental yang baik adalah ketika emosi, pola pikir dan perilaku dalam kondisi yang baik. Adanya beban pikiran berlebih bisa menjadi pemicu penurunan kesehatan mental dan bisa menyebabkan gangguan mental.

Gangguan mental sendiri sangat beragam, apabila saat ini merasa kehilangan kepercayaan diri, merasa tidak memiliki energi, menarik diri dari pergaulan, kehilangan minat melakukan kegiatan sehari-hari, meras sedih, lebih mudah emosi, sampai timbul keinginan menyakiti diri dapat merupakan salah satu bentuk kumpulan stres yang bisa mengarah pada kondisi depresi.

Sedangkan bipolar sendiri adalah perubahan suasana perasaan yang cepat dari yang sedih tiba-tiba menjadi senang ataupun kebalikannya.

Cara mengatasi stres atau depresi

Apabila mengalami stres berlebih yang mengarah pada depresi, bisa upayakan berbagi cerita pada orang terdekat seperti teman atau orang tua agar membantu melegakan perasaan. Beberapa kegiatan lain juga bisa membantu meredakan beban pikiran seperti:

  • Upayakan memiliki rutinitas harian
  • Coba aktivitas baru agar menimbulkan motivasi atau semangan
  • Coba rutin berolahraga untuk menyegarkan pikiran dan fisik yang lebih bugar
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi
  • Upayakan cukup istirahat dan cukup tidur
  • Alihkan pikiran negatif kepada pikiran yang lebih positif
  • Lakukan hal yang dianggap menyenangkan seperti melakukan hobi yang disenangi atau sekedar refreshing

Jika masih sulit keluar dari kondisi tersebut ada baiknya memeriksakan diri dan berkonsultasi pada profesional seperti dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater agar dilakukan evaluasi mengenai kondisi yang dialami dan dilakukan penanganan baik konseling, psikoterapi ataupun pemberian terapi obat jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres bisa dialami para politikus yang gagal dalam pemilu.

4 Cara Atasi Stres karena Kalah Pemilu

Tekanan jiwa atau stres berpotensi dialami para politikus yang gagal dalam pemilu. Penyebab utamanya adalah kehilangan aset.