Aktivitas sedikit tapi mudah lelah?

N Info Penanya: N, Wanita, 18 Tahun
Selamat malam dok, saya mau nanya kenapa ya saya itu sering merasakan kelelahan padahal saya sarang jarang melakukan aktivitas bahkan bisa terbilang tidak pernah selama libur.Saya hanya diam, tidur. Tapi kenapa saya selalu ngerasa capek yang berlebihan gitu?apakah saya harus check UP? Atau Apakah ada solusi untuk mengatasi nya tanpa saya check up?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

 

Hampir semua orang merasa lelah dan banyak sekali yang mengalaminya hampir setiap saat. Siapapun dari remaja sampai dengan orang dewasa. Terutama pada usia 40-50 tahun dan seringkali pada wanita.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kelelahan, misalnya :

1. Gangguan tekanan darah dan denyut nadi. Misalnya perubahan posisi, pada saat kita berdiri, tekanan darah dapat turun dan detak jantung jadi meningkat. Terasa seperti akan pingsan bila tensi turun terlalu rendah.

2. Infeksi. Bila sebelumnya ada gejala seperti demam, radang tenggorokan, sakit perut atau badan pegal-pegal.

3. Stres. Pada saat kita mengalami stres atau tekanan, tubuh kita akan memberi respon dengan menghasilkan zat kimia ke dalam otak. Dan bisa menghasilkan efek tubuh yang merasa lelah.

 

Bila anda merasakannya selama 6 bulan terakhir dan menghambat aktivitas sehari-hari anda. Baik saat istirahat di rumah ataupun di tempat kerja. Bahkan tidur yang cukup pun rasanya tidak membantu. Maka sebaiknya anda melakukan medical check up dan pemeriksaan ke dokter.

 

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan

10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.