Perdarahan tidak berhenti akibat suntik kb 3bulan

NA Info Penanya: NA
Siang dok saya pernh suntik kb bulan november berahir suntik buln februari saya stop gunakan suntik KB 3buln dan saya haid dri awal april smpe mei blom kelar2...sedgkan skrg suami minta anak lg and kr sya lepas kb tpi haid edk lancar stu buln ini kdg keluar kdg tidak saat berhubungan apa bisa janin berkembang kr masa kb sudah lama lepas.mksi dok mohon penjelasanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

KB suntik adalah salah satu metode KB yang mudah digunakan dan memberikan perlindungan yang baik dari kehamilan. Tetapi KB suntik saat ini sering kali menimbulkan efek samping yang bisa mengganggu seperti perdarahan diluar siklus menstruasi, rasa tidak nyaman di payudara, pengeroposan tulang, peningkatan berat badan dan lainnya.

Perdarahan menstruasi yang tidak kunjung berhenti

Apabila terjadi perdarahan lebih dari 7 hari setelah lepas KB suntik, kondisi tersebut dapat disebut dengan menorrhagia. Menorrhagia sendiri adalah perdarahan yang berlebihan atau perdarahan lebih dari 7 hari.

Selain karena efek samping KB suntik, perdarahan berlebih atau menorrhagia juga bisa disebabkan oleh:

  • Adanya masalah di organ reproduksi seperti endometriosis
  • Polip rahim atau jaringan lunak yang mudah berdarah
  • Kista di rahim
  • Tumor jinak seperti fibroid rahim atau mioma uteri
  • Efek hormonal
  • Efek obat-obatan lain
  • Gangguan kesehatan lainnya

Apabila saat ini masih tetap perdarahan haid, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan penyebabnya apa. Untuk penanganan sendiri akan diberikan obat untuk menghentikan perdarahan baik yang hormonal ataupun obat lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB steril cocok dilakukan oleh pasangan yang tidak mau lagi memiliki keturunan

KB Steril Bisa Hamil Lagi? Kemungkinan Tetap Ada Walau Kecil

KB steril adalah pilihan permanen dan minim risiko untuk mencegah kehamilan. Kemungkinan pengguna KB steril bisa hamil lagi sangatlah kecil.