Bagaimana menahan masturbasi?

RW Info Penanya: RW, Pria, 22 Tahun
halo doc, saya punya keluhan jika terlalu lama (sekitar 2 minggu atau lebih, tergantung frekuensi terangsang) menahan untuk tidak melakukan masturbasi padahal selama itu sering merasa sangat terangsang tapi dipaksa untuk menahannya, akibatnya:- keluar cairan kental setelah buang air kecil- susah untuk fokus karena sedikit-sedikit terangsang dan pikiran pun jadi kotor terus. biasanya aku masturbasi 0-3× seminggu dan aku termasuk orang yang cukup mudah terangsang tapi tidak selalu masturbasi j
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Masturbasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan rangsangan seksual sehingga dapat mencapai puncak kegairahan seksual. 

Walaupun masih dianggap tabu, masturbasi sendiri memiliki banyak manfaat berupa:

  • Meringankan stres.
  • Memperbaiki suasana hati, kualitas tidur.
  • Meredakan kram.
  • Menurunkan resiko penyakit menular seksual.
  • Merasakan kenikmatan saat berhubungan seksual. 
  • Menambah keintiman diantara pasangan.

Manfaat tersebut dapat Anda rasakan jika Anda tidak melakukan masturbasi secara berlebihan.

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, jika Anda termasuk orang yang mudah terangsang terhadap sesuatu hal, sebaiknya Anda belajar mengendalikan pikiran Anda terhadap rangsangan tersebut sehingga Anda tidak mudah melakukan masturbasi ketika terangsang. Jika terus menerus merasakan seperti ini dan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi secara langsung sehingga dapat diperiksa dan diterapi lebih lanjut. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baik pria dan wanita, termasuk ibu hamil, sama-sama bisa mendapatkan manfaat onani

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kualitas Hidup Anda

Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Secara medis, onani bermanfaat meningkatkan produksi berbagai hormon baik, menurunkan level stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengikis nyeri pada ibu hamil. Manfaat onani terasa apabila tidak dilakukan berlebihan.