Efek samping dari KB implan

D Info Penanya: D
Pagi dok,Dok saya sdg menggunakan kb implant. Stlh mnggunakan kb tsb haid saya kacau. 1 thn pasca pasang saya tdk haid selama 1 thn. Di tahun kedua saya haid tetapi jangka waktunya lama dan tidak teratur. Kadang drh hanya keluar di siang hari lalu di malam hari tdk keluar dan wrna drh kehitaman. Kmudian subuh keluar lg. Ibadah sy jd kacau krna ketidak teraturan ini. Bahaya tdk kondisi ini ya dok?kpn sya hrs berobat ke spog?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB implan merupakan salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan oleh wanita untuk mencegah terjadinya proses kehamilan. KB implan sendiri berisi hormon yang tugasnya untuk mencegah ovulasi. Jika tidak terjadi ovulasi, maka seorang wanita tidak akan bisa hamil.

Walaupun begitu, KB implan memiliki efek samping, yaitu:

  • Haid menjadi tidak teratur.
  • Tidak haid sama sekali.
  • Darah haid menjadi banyak.
  • Flek atau bercak darah saat sedang tidak haid.
  • Berat badan naik.
  • Sakit kepala.
  • Jerawat,
  • Payudara nyeri.
  • Depresi.

Kondisi yang Anda alami saat ini merupakan efek samping dari KB implan yang Anda gunakan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengganti KB Anda dengan metode kontrasepsi yang lain. Sebelum menggantinya, saya sarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke bidan atau ke dokter kandungan Anda sehingga Anda mendapatkan kontrasepsi yang cocok buat tubuh Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NA
01 May 2020, 14:22
Siang Dok,, sy sedang menggunakan KB implan, setelah pemakaian kurang lebih 3 Minggu sya haid selama 7 hari . Setelah 7hari itu sya kembali suci . Belum ada 15 hari sya suci,, keluar lagi darah selama 10 hari . Stelah 10 hari sy suci dan baru seminggu suci keluar darah lagi . Bahayakah itu Dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 May 2020, 08:03
Selamat pagi NA,
KB Implant merupakan salah satu KB hormonal, salah satu efek samping KB hormonal adalah membuat siklus haid menjadi tidak teratur, selain itu efek lainnya adalah kenaikan berat badan, jerawat dam myeri payudara, jika efek samping dari KB Anda dirasa menggangu sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.