Bagaimana cara menghilangkan bekas jamur?

BB Info Penanya: BB, Pria, 19 Tahun
Dok saya awal nya kena penyakit kulit jamur kemudian saya garuk dan timbuk bebekas warna putih dan tangan saya belang cara mengatasi nya gmn dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BB,

Infeksi jamur adalah penyakit kulit yang sering menyerang akibat kurang menjaga kebersihan badan dengan baik, seperti sering berkeringat namun jarang mandi, dan banyak beraktivitas diluar ruangan atau faktor kelebihan berat badan sering menimbulkan jamur berkembang biak atau adanya penyakit diabetes.

Yang perlu dilakukan untuk mencegah infeksi jamur adalah :
  1. Rutin mandi dan berganti pakaian. Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung sulfur.
  2. Tidak bergantian handuk atau pakaian dengan orang lain. Dan selalu jemur handuk di tempat yang panas setelah dipakai agar kering dan tidak menjadi tempat berkembang biaknya jamur.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin.
  4. Hindari makanan manis. Makanan yang terlalu manis memudahkan jamur berkembang biak.
  5. Hindari pakaian yang terlalu ketat atau tidak menyerap keringat.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengobati infeksi jamurnya menggunakan salep anti jamur. Bila saat ini infeksi jamur sudah sembuh namun menyisakan bekas karena garukan, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan kentang secara teratur atau lidah buaya ke bagian kulit yang belang, dan selalu gunakan tabir surya agar bekas tersebut tidak bertambah hitam.

Bila belang dirasakan sangat mengganggu dan ingin bisa hilang dengan cepat, mungkin ada baiknya konsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan belang yang lebih cepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat daun keji beling tidak hanya sebagai tanaman hias belaka, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan sebagai tanaman herbal

Manfaat Daun Keji Beling untuk Atasi Berbagai Penyakit

Tanaman keji beling tidak sekedar sebagai pembatas pekarangan atau tanaman hias di depan rumah, tetapi bermanfaat untuk kesehatan. Daun keji beling berpotensi untuk menyembuhkan kanker hanyalah satu dari berbagai manfaat daun keji beling.