Gigi geraham turun seperti mau copot. Apa solusinya?

GT Info Penanya: GT, Wanita, 23 Tahun
Salam dokter. Dok, saya mau tanya. Gigi geraham saya kiri kanan udah lama dicopotnya karena berlubang. Sekarang, pasangan gigi geraham bagian atasnya, seperti turun seolah2 mau copot. Ini cara mengatasinya bagaimana ya dok? Apakah gigi geraham kiri kanan yg sudah dicabut diganti gigi palsu, atau gigi geraham atasnya dipasangin behel biar kebali keposisi semula (tidak menurun). Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, G.

Gigi kita memang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Artinya, saat ada ruang kosong di rahang, ia secara otomatis akan bergeser perlahan ke arah yang kosong. Jika ada ruang kosong di samping gigi, maka gigi akan bergeser ke arah samping, menyebabkan gigi menjadi miring. Sedangkan jika ruangan yang kosong berada di bawahnya, seperti kasus yang Anda alami, maka secara alami gigi akan mencoba untuk mengisi ruangan tersebut, sehingga lama kelamaan akan terlihat gigi seperti akan copot ke bawah.

Solusi untuk kondisi seperti ini adalah mengisi ruang yang kosong tersebut dengan gigi palsu. Dengan adanya gigi palsu yang menahan gerakan gigi, maka lama kelamaan gigi bisa kembali ke posisi semula, atau setidaknya tidak bergeser lebih jauh lagi.

Apabila gigi atas yang dimaksud sudah terlalu turun, maka dokter akan kembali memeriksa apakah memungkinkan apabila dipasang gigi palsu. Jika gigi sudah terlalu goyang, maka ada kemungkinan gigi tersebut dicabut dan ruang kosong di gigi atas dan bawah tersebut diganti dengan gigi palsu.

Untuk memastikannya, Anda dapat mengunjungi dokter gigi terdekat agar pemeriksaan yang dilakukan bisa lebih rinci.

Salam sehat.

dr. Reni Utari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh GT
10 Feb 2020, 18:47
Baik terimakasih sarannya dokter.
Dibalas oleh GT
10 Feb 2020, 18:48
Baik terimakasih sarannya dokter.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika cara menggosok gigi yang benar tidak dilakukan, maka mulut tidak akan bersih dengan sempurna

Mulut Bersih Maksimal dengan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Sudah rajin sikat gigi, tapi mulut masih bau, dan gigi tetap berlubang? Bisa saja, Anda belum mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar. Arah gosok gigi yang salah, bahkan bisa membuat gigi Anda terasa sakit atau ngilu.