14 May 2021, 03:06Saraf

Efek samping penggunaan obat yang tidak sesuai anjuran

K1
Info Penanya: K1, Wanita0
Dok........ Anak saat empat tahun lalu mengidap epilepsi dan karena obat yang di butuhkan oleh anak saya jarang ada di tempat saya akhirnya sy turun kan dosis nya tanpa petunjuk dokter. Sebenarnya anjuran konsumsi obat dari dokter selama dua tahun,tapi karena tidak teraturnya minum obat selama dua tahun akhirnya saya tetap melanjutkan nya,dan sekarang akibat dari lamanya mengkonsumsi obat tersebut anak saya gusinya bengkak dan jalan nya menjadi kaku, akhirnya dokter Menganti obat tersebut.
149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Epilepsi adalah penyakit pada sistem saraf pusat, yang ditandai dengan gejala kejang berulang hingga kehilangan kesadaran. Penyebab pasti dari epilepsi belum dapat diketahui namun adanya riwayat keluarga dengan epilepsi, riwayat cedera kepala, dan riwayat kejang demam memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap terjadinya epilepsi.Epilepsi perlu dipastikan dengan pemeriksaan Electro Encephalo Graph (EEG), CT scan atau MRI. Pengobatan epilepsi merupakan obat anti kejang untuk mengurangi dan mencegah serangan kejang. Pengobatan umumnya dilakukan hingga 2 tahun berturut-turut bebas kejang namun tidak selalu hanya 2 tahun melainkan pengobatan juga bisa saja dilakukan sepanjang hidup tergantung dari kondisi pasien.

Pengobatan epilepsi

Obatan epilepsi sangat beragam dan konsumsinya seharusnya sesuai dengan anjuran dokter. Obat tersebut adalah obat keras dan memiliki banyak efek samping tergantung obat apa yang diberikan kepada anak Anda. Jadi karena penggunaan obat yang tidak bertanggung jawab inilah dapat timbul efek samping yang tidak diinginkan. Untuk selanjutnya, lakukan kontrol berkala mengenai keadaan ini kepada dokter Spesialis Saraf dan hindari penggunaan obat yang tidak sesuai anjuran.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
masalah sarafepilepsipenyalahgunaan obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil