Apa penyebab pusing dan cara mengatasi pusing?

WR Info Penanya: WR, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok, saya ria sudah seminggu ini saya merasa badan saya terasa mengambang, ketika berbaring badan terasa berat, ketika duduk dan berdiri terasa mengambang, dan kadang juga saya suka berdebar. Apa yang sebenarnya saya alami dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WR,

Perasaan melayang atau mengambang adalah salah gejala pusing. Selain mengambang, pusing bisa juga dirasakan dengan perasaan berputar, tidak seimbang, ruangan seperti berputar, dan lainnya.

Pusing sendiri bisa disebabkan beragam hal seperti:

  • Vertigo akibat gangguan keseimbangan
  • Gerakan kepala yang terlalu cepat seperti dari tidur ke berdiri
  • Tekanan darah rendah
  • Anemia atau kurang darah
  • Kurang asupan cairan atau dehidrasi
  • Kurang gula dalam darah atau hipoglikemia 
  • Penyebab lainnya

Jadi perlu diperhatikan apa yang menjadi pemicunya, upayakan perbaiki pola makan, perbanyak minum air putih, istirahat cukup dan jangan terburu-buru jika dari bangun tidur ke berdiri.

Bisa konsumsi beberapa bahan alami seperti konsumsi air jahe, relaksasi, mandi air hangat dan lainnya. Jika keluhan pusing lebih sering sampai pingsan, maka perlu diperiksakan.

Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes keseimbangan, tes pendengaran, dan lainnya untuk memastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.